Dalam rangka latihan geladi tugas tempur pangkalan tingkat I (P-1 dan P-2), Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai-Asahan (Lanal TBA), Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory bersama prajurit "jala bhakti" melaksanakan latihan renang dan scuba.

Berdasarkan siaran pers diterima Sabtu (11/12), latihan yang dipimpin Danlanal berlangsung di kolam renang Negoland, Kota Tanjungbalai dilaksanakan pada Jum'at, (10/12) dengan empat materi latihan renang yaitu gaya bebas, punggung, dada dan gaya kupu-kupu.

Gaya bebas dan gaya punggung merupakan tingkat dasar dalam berenang. Sedangkan gaya dada dan kupu-kupu merupakan gaya yang membutuhkan teknik dan latihan khusus dalam berenang.

Baca juga: Usai direnovasi, Danlanal TBA ditinjau Pos AL pulau terluar

Tidak hanya berenang, di hadapan Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal TBA yang ikut latihan renang, Robinson prajurit Komando Pasukan Katak (KOPASKA) TNI AL itu juga mempraktikkan cara menyelam dengan menggunakan Pin (scuba).

Menurut Danlanal, disamping geladi tugas tempur pangkalan, latihan renang dan scuba bertujuan untuk menjaga kesehatan jasmani dan kesiapan prajurit Matra Laut.

"Para prajurit TNI AL harus mampu menguasai renang yang merupakan syarat mutlak bagi prajurit Matra laut.  Karena kemampuan berenang dan menyelam harus tetap diasah," kata Robinson.

Dia menambahkan, meski masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pihaknya secara rutin terus melaksanakan kegiatan latihan renang yang terjadwal.

"Walaupun pandemi belum berakhir, sebagai prajurit kami tetap berlatih. Itu karena prajurit dituntut selalu siap dalam kondisi apapun," kata Robinson.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021