Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen-SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko bersama Kepala Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera 2, Maman Noprayamin mengunjungi Kota Tebing Tinggi, Sabtu (27/11), pascabencana banjir yang terjadi. 

Dalam kunjungan itu, tim didampingi Wali Kota Tebing Tinggi IH. Umar Zunaidi Hasibuan, Plt Kadis PUPR Tebing Tinggi Reza bersama dengan Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian berserta Camat dan Lurah. 

Meninjau lokasi-lokasi tempat banjir yang terjadi di Tebing Tinggi, akibat meluapnya Sungai Padang. Kunjungan yang dilakukan antara lain, di Anturmangan Kelurahan Sri Padang, Kelurahan Bandar Utama dan Kelurahan Bandar Sakti. 

Dirjen SDA Kementerian PUPR menyampaikan akan segera melakukan penanggulangan darurat atas terjadinya banjir tersebut.

Penanggulangan yang akan dilaksanakan antara lain, pembangunan tanggul, perbaikan dan peninggian tanggul serta perbaikan pintu-pintu klep yang ada, kata Dirjen SDA.

Disampaikan juga oleh Dirjen untuk mengantisipasi efek Lalina yang mungkin nanti jauh lebih besar lagi, dalam kesempatan tersebut Dirjen juga berdialog dengan masyarakat yang terdampak banjir, Johari warga Kelurahan Sri Padang. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota didampingi Camat dan Kepala PUPR menjelaskan situasi banjir dan dampak yang terjadi. 

Dijelaskan bahwa intensitas banjir di Tebing Tinggi saat ini sudah sangat tinggi dan sering sekali sehingga memang membutuhkan penanganan cepat dari Kementrrian PUPR. 

Sebelumnya pada hari Jumat lalu, Gubsu juga mengadakan pertemuan dengan empat Kepala Daerah yakni, Medan, Deli Serdang Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai bersama Dirjen Pengairan, untuk membahas persoalan banjir yang terjadi di empat daerah tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut Gubsu Edy Rahmayadi juga mendesak agar realisasi penanganan segera dilakukan.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021