Dalam pengelolaan persampahan sangat dibutuhkan peran serta segenap elemen masyarakat, jika masyarakat tidak mau peduli akan menjadi pekerjaan sia-sia. 

Hal ini disampaikan Sekdako Tebing Tinggi Muhamad Dimiyathi pada sosialisasi pengelolaan persampahan dan perayaan World up Clean Day (WCD) 2021, di Kelurahan Mandailing Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Rabu (17/11)

Disampaikan Sekdako, bisa dibayangkan jika satu rumah tangga tidak mau peduli dengan sampah buang sembarangan, kemudian ikut pula tetangga apa jadinya daerah itu. 

Baca juga: Pemkot Tebing Tinggi-BPKP sosialisasi penyusunan dokumen perencanaan

Untuk itu mulailah pengelolaan persampahan itu dari rumah tangga, pisahkanlah, sampah organik dan non organik. 

Jika hal ini dapat dilakukan dengan baik sampah akan dapat menanbah perekonomian keluarga disalurkan melalui bank-sampah. 

Untuk itu mari dikelola dan diurus dengan baik bank-bank sampah yang sudah ada dibeberapa kelurahan, yang belum ada ayo bangun dan siapkan, ujar Sekdako.. 

Pemerintah Kota Tebing Tinggi juga memberikan apresiasi kepada para pahlawan kebersihan, dari mulai tingkat lingkungan sampai kota yang telah berperan dalam pengelolaan persampahan di Tebing Tinggi. 

Sebelumnya Kadis LIngkungan Hidup H.M.Hasbi Ashidiqqhi dalam laporanya  bahwa pengelolaan sampah di masyarakat semakin tahun semakin meningkat. 

Tebing Tinggi menghasilkan sampah sehari sekitar 122 ton/hari, sebelum tahun 2021 yang dikelola Pemerintah Kota sampahnya 85 ton.

Tahun 2021 dari 85 ton menurun menjadi 75 ton ada sisanya sudah dikelola oleh warga, dan kedepan akan ditingkatkan terus peran serta masyarakat hingga bisa 50 ton yang dikekola Pemkot, ujarnya. 

Pada kegiatan tersebut dilakukan pelepasan berbagai jenis ikan air tawar di sei-bahilang, dan pemberian hadiah kepada berbagai perlombaan kegiatan Lingkungan Hidup dan Workd up Clean Day kepada pemenang perlombaa, dari tingkat SD, SMP dan SMA. 

Hadir pada kegiatan Camat Kecamatan Tebing Tinggi Kota Msnda Yulian dan Kapolsek Padang Hulu, serta para lurah dan tokoh masyarakat. 



 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021