Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyatakan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendukung rencana merelokasi warga dari bantaran sungai untuk mengatasi banjir kiriman.

"Salah satu persoalan penanganan banjir di Kota Medan adalah merelokasi warga yang bermukim di bantaran sungai, dan BTN menyanggupinya," kata Bobby di Medan, Sabtu (6/11).

Wali Kota mengatakan, bank yang berstatus badan usaha milik negara (BUMN) ini bersedia membangun perumahan bagi warga yang direlokasi dengan cicilan murah.

Baca juga: Akademisi: Tindakan Bobby Nasution bentuk pengabdian pemimpin

Untuk lahan pembangunan perumahan, lanjut dia, nantinya akan diupayakan oleh pemerintah daerah, sedangkan pembangunan fisik rumahnya dilakukan developer.

"Kami inginnya rusunami (rumah susun sederhana milik), bukan rusunawa (rumah susun sederhana sewa)," tegas Bobby Nasution.

"Ada beberapa manfaat, jika program ini terwujud. Penanganan banjir, penyediaan rumah yang layak huni bagi masyarakat, dan pergerakan ekonomi," ucap Wali Kota Medan.

Wakil Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menyambut baik rencana tersebut dan pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemkot Medan untuk mewujudkannya.

BTN, katanya, memang perhatian dalam pembiayaan pembangunan properti. "Kita banyak proyek-proyek, seperti ini. Bunga yang kita berikan juga kecil, dan DP (uang muka) nol," ucapnya.

Ringan cicilan ini, terangnya, dimungkinkan jika pemerintah daerah maupun pemerintah pusat membantu pengadaan lahan, dan lain sebagainya.

"Yang pasti, kita siap berkolaborasi mewujudkan rencana ini," ucap Nixon.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021