Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyambut positif tawaran transaksi nontunai perbankan, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan.

"Kita berharap Pemkot Medan miliki semacam kartu yang bisa digunakan bertransaksi. Semua transaksi nontunai, termasuk bayar pajak dan retribusi," ujar Bobby di Medan, Rabu (20/10).

Wali kota meminta pihak perbankan agar melakukan komunikasi langsung dengan berbagai instansi terkait di Pemkot Medan agar kartu nontunai tersebut lebih dikenal.

"Kalau pemungutan retribusi pasar, kita minta bank bertemu langsung dengan Perumda Pasar untuk membicarakan hal ini lebih jauh," terang Bobby.

Wakil Pemimpin Wilayah BNI Sumut, M Evan Zulkarnaen, ketika beraudiensi dengan Wali Kota Medan mengatakan pihaknya memberi kemudahan untuk bertransaksi nontunai.

"Kami siap support seluruh upaya meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah). Pajak dan retribusi untuk pemkot jadi mudah dibayar dan dikontrol," ucap Evan.

Pihaknya juga bisa menyiapkan semacam kartu combo bagi ASN di lingkungan Pemkot Medan untuk melakukan berbagai transaksi.  

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, mengaku tahap awal penggunaan kartu nontunai BNI bisa diterapkan di instansi yang dipimpinnya.

"Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai 'ID Card', tapi kartu ATM, 'e-money' dan bisa digunakan berbagai transaksi," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021