Dengan alokasi anggaran sebesar Rp1 triliun, Dinas PU Kota Medan memperkirakan jumlah jalan yang dapat diperbaiki mencapai 300 kilometer. Sedangkan total panjang yang ada di Medan mencapai 3.017,40 kilometer.

Kepala Dinas PU Kota Medan Zulfansyah Ali Saputra, mengatakan anggaran Rp1 triliun untuk tahun anggaran 2022 tidak seluruhnya digunakan memperbaiki jalan. Tapi ada juga untuk kegiatan drainase.

"Rp1 triliun itu terpecah lagi, Rp450 miliar untuk perbaikan jalan. Rp300 miliar perbaikan drainase dan sisanya belanja pegawai dan sebagainya. Dengan Rp450 miliar, kalau lebar jalannya 3 meter, maka bisa 300 kilometer yang diperbaiki tahun depan," ujar Zulfansyah, di Balai Kota Medan, Selasa (21/9).

Baca juga: Dapat alokasi Rp 1 triliun, Dinas PU Medan akan perbaiki jalan sepanjang 300 kilometer

Perbaikan jalan sepanjang 300 kilometer itu, kata Zulfansyah, kombinasi antara metode readymix (pembetonan) dan aspal hotmix. Sesuai dengan arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution, ia mengatakan sebelum tahun ini berakhir tender sudah akan di mulai.

"Kami akan jalankan instruksi pak wali," sebutnya.

Untuk perbaikan jalan tahun ini, diakuinya melalui tender sudah ada yang dimulai. Salah satunya Jalan Pancing I, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan yang sempat menyita perhatian banyak orang.

"Pengerjaan awal sudah berjalan, sudah dimulai perataan tanah. Untuk pengecoran awal rencananya Senin pekan depan, ini mau lapor ke pak wali soal agenda tersebut," sebutnya.


Semula pengecoran perdana dijadwalkan pada Kamis 23 September 2021. Namun, tenaga ahli yang akan mengerjakan itu belum tiba di Medan karena belum vaksin.

"Karena belum vaksin, tenaga ahlinya ke Medan menggunakan jalur darat, makanya belum tiba. Sehingga pengecoran perdana Jalan Pancing I itu digeser pekan depan, menunggu tenaga ahli itu datang," urainya.


Seperti diberitakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menambah alokasi anggaran hingga Rp1 triliun untuk Dinas PU pada tahun anggaran 2022. 

Penambahan anggaran tersebut dilakukan untuk mempercepat perbaikan infrastruktur yang ada di Kota Medan.

"Untuk fisik di PU yang anggaran ditambah sampai Rp1 triliun," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, Senin (20/9).

Dinas PU sendiri merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan yang bertugas membenahi infrastruktur jalan ataupun drainase.

Suami Kahiyang Ayu itu ingin seluruh tender kegiatan di tahun 2022 sudah selesai dilakukan sebelum 2021 berakhir. Sehingga awal tahun depan pekerjaan fisik dapat langsung di mulai. Keinginan tersebut pun sudah disampaikannya kepada seluruh pimpinan OPD.

"Ini yang saya katakan ke depan tahun 2022, saya minta tender tahun ini (selesai). Mulai dari rapat internal, RPJMD (Rapat Pembangunan Jangka Menengah Daerah) saya sampaikan harus cepat, bahkan saya bilang  bulan 9 (September) gak ada yang boleh kerja lagi," jelasnya.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021