Untuk memastikan kesiapan peajurit Jala Bhakti dalam mengamankan wilayah teritorial, Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mako Lanal Tanjungbalai-Asahan di Jalan Sei Berombang, Asahan Mati, Kabupaten Asahan, Rabu (8/9).

Dalam kunker tersebut Danlantamal didampingi Ketua Jala Senastri Korcab I DJA I Ny Ita Achmad Wibisono serta sejumlah perwira di jajaran Lantamal I Belawan, dan disambut Komandan Pangkalan TNI-AL TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, Ketua Cabang 7 Korcab I DJA I, Ny Shinta Etwiory.

Baca juga: Pemkot Tanjungbalai-Bank Sumut serahkan 115 BTSP SMK dan SMP

Kepada prajurit Jala Bhakti, Danlantamal Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono berpesan agar tetap siaga dalam melaksnakan tugas, terutama mengamankan wilayah teritorial, serta menjaga kesehatan dalam situasi pandemi COVID-19.

"Saya baru tiga bulan bertugas di Lantamal I, dalam kunker ini saya pesankan agar prajurit tetap siaga, sigap dalam menjalankan tugas dan menjaga kesehatan," ujar Wibisono.

Danlantamal melanjutkan, untuk memperkuat Alutsista Pangkalan TNI AL menjaga wilayah teritorial khusunsnya perairan Selat Malaka dari berbagai bentuk gangguan keamanan, Lanal TBA baru saja menerima KAL Pandang dari Mabesal.

"Kita berharap KAL Pandang I-1-72 yang serah terimanya kemarin dilakukan di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara dapat menunjang operasinal Lanal TBA dalam mengamankan perairan Selat Malaka dari berbagai gangguan keamanan serta penegakkan hukum di laut," ujar Wibisono.

Jendral bintang satu itu menambahkan, bahwa melalui telegram Kasal telah menetapkan Pangkalan TNI AL TBA sebagai Lanal terbaik se Indonesia yang akan diserahkan pada 20 September 2020 di Mabesal.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, menyambut hangat dan mengaku senang atas kunker Danlantamal I ke Makolanal Tanjungbalai-Asahan sebagai penambah semangat prajurit Jala Bhakti dalam menjalankan tugas.

"Kami sangat mengapresiasi kunker bapak Danlantamal. Ini merupakan semangat bagi kami dan prajurit dalam bertugas," kata Robinson.

Pantauan dilapangan, dalam kunkernya Danlantamal meninjau sejumlah sarana dan prasarana pendukung di Makolanal TBA untuk menjalankan tugas serta mengamankan wilayah teritorialnya.

Acara juga dirangkai tanya jawab internal antara prajurit Jala Bhakti dan Komandan Lantamal, serta silaturahmi Ketua Jala Senastri I DJA I Ny Ita Achmad Wibisono Ketua Cabang 7 Korcab I DJA I, Ny Shinta Etwiory serta ibu-ibu Jala Senastri.
 

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021