Memperingati Hari Ulang Tahaun Ke-76 Republik Indonesia 17 Agustus 2021, prajurit TNI-AL Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) mengibarkan bendera Merah Putih di tower navigasi pulau jemur, perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Menurut Danpos AL Pulau Jemur Letda Laut (P) Lamhot M Solin, bendera Merah Putih berukuran 6 x 10 meter itu dikibarkan tiga orang Prajurit Jala Bhakti, dan berkibar melingkari tower navigasi dengan ketinggian 20 meter yang berdiri di puncak Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

"Inisiatif mengibarkan bendera di tower navigasi Pulau Jemur untuk memeriahkan HUT Ke-76 RI," katanya melalui siaran pers diterima ANTARA, Selasa (17/8).

Baca juga: Plt Wali Kota Tanjungbalai kukuhkan Paskibra binaan TNI-AL

Selain itu kata Lamhot, pengibaran bendera Merah Putih juga bertujuan untuk menunjukkan kepada semua pihak termasuk awak kapal yang melintasi perairan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan Indonesia-Malaysia bahwa Pulau Jemur adalah milik NKRI yang kedaulatan wilayahnya harus tetap dipertahankan.

"Ini (pebgibaran) juga instruksi dari Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P ) Robinson Hendrik Etwiory agar semua Pos Maritim TNI AL wajib mengibarkan bendera merah putih. Tujuannya untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Lamhot.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021