Perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Mandailing Natal mengalami peningkatan.

Merujuk data perkembanganan penanganan COVID-19 yang dikeluarkan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Madina, per Jumat, (30/7) jumlah kasus Corona Virus Disease di kabupaten tersebut telah mencapai 91 kasus.

Dengan jumlah tersebut sejak Januari 2021 hingga saat ini jumlah positif komulatif  telah mencapai 322 kasus. Sedangkan pasien sembuh tercatat 222 orang.

Baca juga: Hari ini kasus COVID-19 di Madina capai 93 kasus

Sementara untuk tingkat kematian bila dibandingkan dengan tahun 2020 mengalami peningkatan. Untuk tahun lalu jumlah yang meninggal akibat COVID-19 hanya tujuh orang saja. Sedangkan hingga bulan Juli 2021 ini  saat ini jumlahnya sudah mencapai 30 orang. 

Peningkatan kasus COVID-19 ini tentunya nanti akan berdampak pada meningkatnya isian tempat tidur di rumah sakit. Untuk mengantisipasi hal itu pihak RSUD Panyabungan telah menyiapkan 41 tempat tidur.

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) juga menyampaikan ketersediaan tempat tidur dan tabung gas oksigen untuk pasien terdeteksi COVID-19 dan pasien umum saat ini masih mencukupi.

"Sesuai dengan Permenkes ketersedian kamar tidur untuk pasien COVID-19 di RSUD Panyabungan masih cukup, begitu juga dengan ketersediaan tabung oksigen dan distribusinya juga masih lancar," ujar Plt Direktur RSUD Panyabungan, dr Rusli Pulungan saat dikonfirmasi ANTARA.

Dia menyebut untuk saat ini ada 41 tempat tidur yang disiapkan oleh rumah sakit bagi pasien yang terdeteksi COVID-19.

"Sesuai dengan Permenkes ketersediaan tempat tidurkan minimal 30%, saat ini di RSUD Panyabungan kita sediakan 41 tempat tidur," sebutnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021