PT Impola Meka Energi (IME) mendukung peningkatan mutu dan kuantitas kopi di Kabaten Dairi yang ditandai dengan pemberian Corporate Society Responsibilty (CSR) kepada lembaga Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (Maspigas) Kopi Arabika Sidikalang.

Direktur Utama PT IME, Agus Choliq, di Sidikalang, Rabu (28/7), mengatakan, kerja sama PT IME dan Maspigas merupakan tugas dan fungsi serta tanggung jawab perusahaan untuk memberi dukungan bagi lingkungan dimana perusahaan tersebut berada.

Dalam hal ini CSR PT IME yang diberikan kepada Lembaga Maspigas adalah bagian peran perusahaan dalam peningkatan kualitas kopi Sidikalang. 

Kopi Sidikalang memiliki nilai ekonomis disamping nilai rasa yang lebih enak dibanding kopi daerah lain. Ia berharap kerja sama itu juga akan membawa manfaat dalam konservasi lingkungan.
 
"Kami dalam tiga hingga empat tahun selalu melakukan review hidrologis untuk mengetahui kualitas dan debit air di beberapa lokasi seperti yang sudah kami lakukan di awal 2021 ini dimana kami temukan ada penurunan debit air sekitar 7 persen," katanya.

Agus menyebut tidak tertutup kemungkinan program itu akan diperpanjang secara lebih luas khususnya dalam peningkatan potensi alam serta pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

"Kami berharap melalui kegiatan yang dijalankan akan semakin meningkatkan kemampuan dan keahlian para petani khususnya dalam meningkatkan kuantitas tanam dengan kualitas baik," katanya.

Sementara, Ketua Maspigass, Pdt Samuel Sihombing menjelaskan bahwa dukungan yang diberikan oleh PT IME dirasa akan sangat membantu peningkatan kualitas dan kuantitas kopi Sidikalang juga dalam peningkatan ekonomi kelompok petani dampingan yang didominasi oleh kaum perempuan.

Pengembangan kerja sama dalam bidang kopi bukan hanya akan memberi dampak pada 293 orang anggota kelompok kopi, namun lebih dari itu akan sangat berdampak baik pada keluarga sebagai bagian dari 293 anggota yang tersebar di Kecamatan Sidikalang, Parbuluan, Sitinjo dan Sumbul Pegagan. 

"Nantinya diharapkan akan menambah angka kelompok binaan sekaligus meningkatkan kualitas mutu kopi Sidikalang itu sendiri," katanya.

Sebelumnya Bupati Dairi Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu juga mengucapkan apresiasi atas peran dan atensi PT IME kepada Kabupaten Dairi yang telah berkontribusi dalam pengembangan tenun ulos Silalahi.

Kontribusi itu saat ini dilanjutkan dengan kerja sama dengan lembaga Maspigass dalam bidang pengembangan kopi Sidikalang. Selain itu, lanjut dia, yang juga perlu dipikirkan adalah bagaimana pemasaran hasil kopi tersebut nantinya.

"Selain dipasarkan di pasar ekspor hasil kerja sama ini juga perlu memikirkan bagaimana pasar domestiknya nanti," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021