Dosen Politeknik Negeri Jember & RTIK Jember Muhammad Yunus menyampaikan Lima soft skill yang harus dimiliki di era digital yakni motivasi, komunikasi, pengendalian emosi, berfikir kreatif dan inovatif, serta integritas.

Hal itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital untuk Tebing Tinggi, Jumat, 9 Juli 2021. Pada kecakapan digital, Yunus memaparkan tema "Pentingnya Memiliki Digital skill di Masa Pandemi COVID-19”. 

Dalam pemaparannya, Yunus menjelaskan dampak positif pandemi di bidang pendidikan, antara lain, pengembangan karakter anak, portal pendidikan berkembang pesat, anak semakin kreatif, serta orang tua mengenal lebih dalam kemampuan belajar anak. 

Baca juga: Lindungi komputer anda dengan anti virus

Ada beberapa kebutuhan digital skill di masa pandemi seperti, cakap menggunakan aplikasi yang mendukung, cakap menggunakan aplikasi digital marketing, cakap menggunakan aplikasi untuk membuat konten-konten kreatif, serta cakap menggunakan aplikasi bidang keuangan dan perbankan. 

Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh, Andry Priyanto (PIC PT Cyber Global Indonesia). Andry mengangkat tema "Jenis-Jenis Penipuan di Internet dan Cara Menghindarinya".

Andry menjelaskan jenis-jenis penipuan di internet seperti, scam, penipuan melalui media chat, telepon, dan sebagainya. Social engineering, penipuan yang memanfaatkan interaksi dengan manusia menggunakan manipulasi psikologi. 

Phishing, penipuan dengan mencuri informasi penting untuk masuk ke halaman atau situs palsu. Share login info, penipuan dengan mencuri informasi sensitif terkain akun DANA. 

Serta, ID theft, penipuan dengan mencuri kartu identitas korban. Untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan cara, selalu curiga dengan telepon tidak dikenal, jangan mudah membagikan informasi penting, dan selalu mengecek kebenaran. 

Webinar diakhiri oleh Jessie Elaine (Content Creator dan Influencer dengan Followers 10,9 Ribu). Jessie menyimpulkan hasil webinar dengan tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, berpikir dahulu sebelum posting, pentingnya memiliki digital skill di masa pandemi seperti cakap menggunakan aplikasi yang mendukung. 

Jenis-jenis penipuan di internet seperti scam, social engineering, phishing, share login info, dan ID theft.  Memahami multikulturalisme dengan memperhatikan konten digital yang positif. Serta, bijak sebelum mengunggah di media sosial dengan memastikan kebenarannya. 
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021