Tercatat sebanyak 250 orang warga mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan (Kejari TBA) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan daerah setempat, Rabu (7/7).

Vaksinasi yang diikuti kalangan dewasa dan lansia itu melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjungbalai berlangsung di halaman kantor Kejari TBA Jalan Sudirman Tanjungbalai.

Kepala Kejari TBA, Muhammad Amin mengatakan, vaksinasi yang digelar pihaknya merupakan implementasi amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Diesease (COVID-19).

Baca juga: Trima KAL, Lanal Tanjungbalai-Asahan siap jaga Selat Malaka

"Ini (vaksinasi) program pemerintah dan kami laksanakan menyongsong peringatakan Hari Bhakti Adyaksa ke 61 Tahun 2021 yang sudah terjadwal. Hari ini giliran jaksaan untuk melaksanakannya," ujar Kajari didampingi Kepala Seksi Intelijen Dedy Saragih kepada pers.

Menurut Kejari, dengan adanya pemberian vaksin diharapkan imun seluruh lapisan masyarakat yang telah divaksinasi bisa meningkat dan memastikan diri dalam keadaan sehat, sehingga bisa meminimalisir terjangkit COVID-19.

Sementara itu, salah seorang warga peserta vaksinasi, Ferry Matondang menyatakan mendukung sekaligus mengucapkan terimakasih telah di fasilitasi pihak Kejari Tanjungnalai sehingga ia bisa divaksin.

"Terimakasih kepada Kejari TBA atas fasilitas vaksinasi yang dilakukan hari ini dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai sebaran COVI-19," kata Ferry Matondang.

Pantauan dilapangan, sebelum penyuntikan vaksin jenis Sinovac, peserta mengikuti alur dan prosedur pemeriksaan kesehatan, meliputi pemeriksaan data, skrining kesehatan, serta melakukan pemeriksaan fisik meliputi suhu tubuh dan tekanan darah oleh petugas vaksinasi gabungan dari Dinas Kesehatan Dinkes Kota Tanjungbalai dan Puskesmas Semula Jadi.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021