Pemkot Tebing Tinggi melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi menggelar kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi serta Pelatihan Penulisan dan Pengembangan Karya Inkubator Literasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi, Rabu sore (30/6) 

Kegiatan diikuti oleh peserta sosialisasi yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan masyarakat umum.

Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, dan sebagai Narasumber Abdul Khalik,. 

Sekdakot menjelaskan kota yang maju adalah kota yang kaya akan ilmu pengetahuan, dan itu dapat diperoleh salah satunya dari buku.
 
Perpustakaan merupakan salah satu tempat untuk mendapatkan buku-buku dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Kemajuan sebuah kota haruslah  juga didukung dengan perpustakaan yang maju serta budaya baca yang tinggi dari masyarakatnya.

Perpustakaan yang menjadi tempat memperoleh ilmu pengetahuan harus memperhatikan buku-buku yang tersedia agar selalu diperbaharui koleksinya, memiliki referensi yang valid dan teregister agar tidak menyesatkan bagi si pembaca.

Jadi kota yang ingin maju maka perpustakaannya harus maju, karena untuk memperoleh sumber ilmu harus ke Perpustakaan.

Oleh karena itu hari ini kita mencoba mengembangkan potensi, membuka wawasan peserta bagaimana meningkatkan budaya baca,ucap Sekdakot.

Jika budaya membaca di masyarakat sudah meningkat, maka Perpustakaan ini harus mampu menyediakan referensi-referensi (buku) yang teregister, yang terbaru. 

.Jangan menggunakan buku-buku yang out of date walaupun buku itu ( out of date) masih dibutuhkan tetapi hanya sebagai pembanding untuk mencari konsep yang baru. tambah Sekdakot.

Sekdako juga menekankan kepada Perpustakaan Kota Tebing Tinggi ini harus memiliki standarisasi pelayanan dengan berprinsip 5 S ( Sapa, Senyum, Salam, Sopan dan Santun), 

Memiliki pustakawan/wati yang kapabel dan yang paling utama fasilitas didalam Perpustakaan harus nyaman karena suasana ruangan akan mempengaruhi emosional seseorang, sehingga dengan kenyamanan pengunjung akan betah membaca.
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021