DPRD Kota Binjai menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Binjai akhir tahun anggaran 2020 di ruang rapat utama kantor DPRD Kota Binjai, di Binjai, Kamis (22/4).

Ketua DPRD H. Sri Noor Alamsyah Putra saat membuka rapat paripurna mengatakan bahwa panitia khusus (pansus) DPRD bersama dengan Bapeda dan OPD kota Binjai telah membahas LKPJ Walikota Binjai akhir Tahun anggaran 2020 sejak tanggal 19 April hingga 21 April 2021 yang lalu hasil pembahasan tersebut akan dilaporkan pansus dalam rapat paripurna pada hari ini.

"Kami DPRD kota Binjai akan menyampaikan rekomendasi laporan LKPJ Wali Kota Binjai akhir tahun anggaran 2020 hari ini sesuai dengan amanah pasal 67,69 dan 71 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah," katanya.

Baca juga: Kejaksaan Binjai sosialisasikan Inpres Nomor 2/2021

Adapun rekomendasi yang disampaikan oleh juru bicara pansus DPRD Yudi Pranata diantaranya diharapkan Plt. Wali Kota Binjai terus menerus melakukan peningkatan pelayanan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan umum pada tingkat pemerintah kecamatan maupun kelurahan.

Juga menciptakan kesempatan bekerja dan berusaha yang kondusif serta menggulirkan program-program inovatif dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19.

Di tahun 2019-2020 jumlah penduduk miskin di kota Binjai mengalami peningkatan, maka itu DPRD Kota Binjai meminta untuk kedepannya pemerintah dengan Wali Kota yang baru agar serius dalam menangani permasalahan kemiskinan ini.

Selain itu, DPRD juga menyarankan pemerintah perlu memperhatikan peningkatan kualitas SDM pejabat di lingkungan pemerintah Kota Binjai agar perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan sesuai dengan tuntutan dan aturan berlaku serta peningkatan kinerja dalam pelayanan masyarakat secara optimal.

Plt. Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah mengatakan rekomendasi DPRD kota Binjai terhadap LKPJ yang baru saja disampaikan akan menjadi motivasi bagi pemerintah dalam rangka peningkatan kinerja dimasa yang akan datang.

"Terimakasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kota Binjai khususnya kepada pansus LKPJ yang telah melakukan pembahasan atas LKPJ sehingga dapat memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Wali kota Binjai tahun 2020," ujarnya.

"Selain itu untuk ke depannya saya berharap kekompakan segenap pemangku kepentingan agar setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan baik," harap Amir Hamzah.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021