Pemerintah Kota Medan bakal melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di antaranya bagi petugas pelayanan publik di lingkungan pemkot setempat, termasuk kalangan jurnalis di kantor Wali Kota Medan.

"Vaksin ini kita berikan ke ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun non-ASN, dan wartawan yang bertugas di kantor wali kota maupun DPRD Kota Medan pada Kami (4/3)," terang Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman di Medan, Sumut, Rabu.

Sedangkan vaksinasi bagi TNI/Polri, lanjut dia, jika bisa memanfaatkan fasilitas dan tenaga kesehatan lembaga itu, maka Dinas Kesehatan Kota Medan akan menyerahkan vaksin COVID-19 kepada kedua instansi tersebut.

Seperti diketahui, vaksinasi COVID-19 tahap kedua selain lansia juga diperuntukkan pekerja publik, di antaranya tenaga pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat daerah, atlet, wartawan, petugas keamanan, pelayanan transportasi publik, dan pelaku sektor pariwisata.

"Untuk pedagang pasar, vaksinasi COVID-19 akan dilakukan di Pasar Petisah dan Pusat Pasar Medan Mall. Mengingat kedua pasar ini merupakan pasar regional, maka dipelaksanaannya tidak terjadi kerumunan sesuai arahan Wali Kota Medan," jelas Wiriya.

Ketua Wartawan Unit Pemkot Medan, Muhammad Edy Ginting, mengaku, pekerja media yang terdaftar saat ini sekitar 140 orang lebih bakal mendapatkan vaksinasi demi meningkatkan kekebalan tubuh.

"Kalau jumlah pastinya, kita belum dapat. Tapi semua wartawan itu akan divaksin. Untuk jam vaksinasi itu, penyesuaian karena pelaksanaan vaksin di pasar dan instansi lain," ungkap dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021