Keberadaan Pulau Kalimantung yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tidak terkeculai saat liburan tahun baru Imlek tahun ini. Di mana sejak hari Jumat, (12/2) pagi, puluhan kapal Dolvin (speedboat) silih berganti mengantarkan wisatawan ke pulau tersebut.

Menurut Marwan (32), salah seorang anak buah kapal Dolvin ketika dikonfirmasi ANTARA, Minggu, (14/2) sore mengatakan, sejak hari Jumat jumlah wisatawan yang menyeberang ke Pulau Kalimantung sudah banyak. Dan itu berlanjut sampai dengan Minggu pagi.

“Sejak liburan Imlek yang hari Jumat kemarin, sudah banyak wisatawan yang kami antar ke Pulau Kalimantung. Mereka lebih memilih ke sana (Kalimantung) karena memang keindahan bawah lautnya sangat luar biasa. Jumaat pagi saja sudah ada 20 kapal yang bergerak ke sana, hari Sabtu juga sama, dan hari Minggu ini agak berkurang sedikit, mungkin karena besok sudah mulai kerja,” katanya.
 
Wisatawan yang mau berangkat ke Pulau Kalimantung dengan menaiki kapal Dolpin. (ANTARA/JASON)


Ada pun yang menjadi pengunjung pulau itu rata-rata dari luar daerah Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

“Kalau saya sudah ketiga kali ini bang ke Pulau Kalimantung. Luar biasa indahnya. Makanya saya bawa lagi keluarga saya untuk liburan. Dan tadi pagi kami sudah puas bermain di sana, dan sore ini kami akan pulang ke Sidimpuan bang. Pokoknya serulah liburan ke Kalimantung bang,” kata Khairul Nasuiton.

Selain karena keindahan bawah laut Pulau Kalimantung, suasana di sekitar pulau ini memang cukup menyenangkan. Dan lokasinya juga tidak begitu jauh dari Pulau Mursala air terjun tawar yang berada di tengah laut. Itulah alasan wisatawan betah memanjankan diri di tempat itu.

“Kalau lagi di Pulau Kalimantung, rasanya seperti di pulau sendiri. Benar-benar tenang dan damai di sana dan menjadi tempat liburan favoritku,” kata Desy, (26) salah seorang wisatawan dari Medan.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021