Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan pendistribusian 74.840 vial vaksin COVID-19 ke 33 kabupaten/kota di provinsi tersebut rampung pada awal Februari 2021.
 
"Secara keseluruhan ke kabupaten/kota nanti akan kita sebarkan di awal Februari sudah mencakup seluruh kabupaten/kota kita dengan kondisi yang 74.840 (vaksin-red) ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Jumat (15/1). 

Baca juga: Vaksin tahap II di Sumut prioritas masih untuk tenaga kesehatan
 
Ia mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan di 33 kabupaten/kota di Sumut guna memastikan kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan untuk menyimpan vaksin.

"Sebelumnya ini kita sudah melakukan survei awal, baru kemudian dilakukan supervisi supaya di tempat sana ada penyediaan. Nanti sia-sia vaksin kita kalau tidak disiapkan sarana prasarana, terutama tempat penyimpanannya," katanya.
 
Sabrina menyebutkan bahwa ribuan vaksin COVID-19 tersebut diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan.
 
"Kita telah menerima 74.840 vial, tentu saja kita berharap lagi selebihnya sesuai dengan jadwal-jadwal yang telah diatur dari pusat," katanya.
 
Sebelumnya, tiga daerah di Sumut yakni Medan, Binjai dan Deli Serdang telah menerima vaksin COVID-19 pada Rabu (13/1).
 
Untuk vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumut sudah dimulai pada Kamis (14/1) dengan sasaran pertama pejabat pemerintah dan sumber daya manusia di bidang kesehatan.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021