Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekretaris Daerah M.Dimiyathi, Kadis Kesehatan dr Nanang Fitra Aulia, Kadis Kominfo Dedi P.Siagian, meninjau persiapan tempat penyimpanan vaksin COVID-19 di ruangan Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Jalan Gunung Lauser, Tebing Tinggi, Jumat (8/1).

Wali Kota mengatakan bahwa Tebing Tinggi harus menyiapkan tempat penyimpanan vaksin dalam satu pintu dan tepatnya di Dinas Kesehatan.

Karena nantinya tempat penyimpanan itu harus benar- benar  tetap menjaga standar prosedur tentang penyimpanan vaksin sesuai yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Karena vaksin COVID-19 sudah sampai di Kota Medan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi harus mempersiapkan tempat penyimpanannya sesuai SOP yang ditentukan," katanya.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka ditunda, Wali Kota Tebing Tinggi: Ada dua alasan

Tentang jumlah berapa banyak dan nama vaksin tersebut, Wali Kota mengatakan belum mengetahuinya. Sampai saat ini pihaknya belum menerima kuota jumlahnya dan masih menunggu konfirmasi dari Pemprov Sumut.

"Kita tunggu saja kapan vaksin di Tebing Tinggi masuk. Menunggu hal tersebut dipersiapkan penyimpanan vaksin satu pintu agar terjamin vaksin itu hingga nantinya diperuntukan kepada orang yang mau divaksin sesuai dengan pentunjuk dari pemerintah, ujarnya

Sedangkan Kadis Kesehatan dr Nanang Fitra Aulia menjelaskan orang yang akan mendapatkan vaksin adalah sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Pertama tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penangan COVID-19 dan orang selanjutnya orang orang yang terlibat langsung dalam percepatan penanganan COVID-19.

Terkait lokasi penyiapan vaksin, Kadiskes mengatakan sudah ditentukan di ruangan Instalasi Farmasi di Dinas Kesehatan Kota, karena tingkat keamanan vaksin bisa dipantau. 

"Vaksin ini harus benar benar dipantau setiap hari, kelembaban lantai dan tempat box spesial penyimpanan vaksin harus menggunakan suhu 2 derajat celsius hingga 8 derajat celsius, apabila suhunya lebih dari angka tersebut, maka vaksin tidak lagi sesuai dengan standar lagi," jelasnya. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021