Kodam I/Bukit Barisan menggelar bakti sosial berupa donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Hari Juang TNI AD pada 2020 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB Medan, Jumat (11/12).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada PMI Provinsi Sumatera Utara, panitia, dan peserta donor darah yang telah berperan serta pada acara ini.

Ia menyebutkan peringatan Hari Juang TNI AD dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD pada 15 Desember 2020.

Peringatan Hari Juang TNI AD, katanya, untuk mengenang sejarah perjuangan TNI AD, yaitu pertempuran di Ambarawa, Jawa Tengah yang merupakan refleksi peran serta TNI AD kepada bangsa dan negara, dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Melalui peringatan Hari Juang TNI AD, diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat," ujarnya.

Ia mengatakan berkenaan dengan peringatan Hari Juang TNI AD, Kodam I/BB menyelenggarakan kegiatan yang menggambarkan kecintaan prajurit TNI AD kepada rakyat, salah satunya donor darah.

Hal itu, katanya, merupakan sinergi Kodam I/BB dengan PMI Sumut dan perintah dari komando atas untuk membantu PMI dan masyarakat yang memerlukan bantuan darah.

"Hal ini adalah salah satu fungsi manfaat donor darah bagi pendonor agar membuat jantungnya senantiasa sehat dan dapat juga untuk menurunkan risiko kanker pada tubuh pendonor," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020