Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus mengingatkan masyarakat setempat agar tetap menjalankan protokol kesehatan 3M demi terhindar dari penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

"Tetap jaga protokol kesehatan yang 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebagai aparatur sipil negara (ASN), kita harus ikut menjadi penggerak dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujar Penjabat Sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho usai melakukan gowes di Taman Cadika, Jalan Karya Wsata, Medan, Jumat (20/11).

Ia melanjutkan kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan termasuk ketika berolahraga, seperti bersepeda atau gowes yang bertujuan supaya terhindar dari penularan penyebaran virus corona di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

Baca juga: Pemkot Medan bahas rencana pembukaan bioskop di tengah COVID-19

Di tengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini, ia mengaku, banyak orang memilih bersepeda untuk tetap berolahraga. Dengan bersepeda, maka seseorang dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental yang bertujuan meningkatkan imun tubuh.

Ia mengatakan gowes bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan setiap Jumat yang kali ini di antaranya diikuti Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman, diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan

Dengan gowes ini, katanya, selain meningkatkan imunitas tubuh, seorang ASN juga memiliki tubuh yang sehat dan bugar sehingga semakin meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan gowes ini rutin kita lakukan, salah satu tujuannya adalah meningkatkan imunitas. Karena salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh adalah rasa bahagia yang kita rasakan, seperti saat kita gowes ini," kata Arief.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Armansyah Lubis, mengucapkan terima kasih kepada Pejabat Sementara Wali Kota Medan dan Sekretaris Daerah Kota Medan yang telah mengikuti gowes bersama keluarga besar DLH.

Apalagi, lanjutnya, Pejabat Sementara Wali Kota Medan berkeinginan agar gowes bersama dapat terus dilakukan, karena manfaatnya tidak hanya mendatangkan kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, tetapi juga membangun kebersamaan di antara seluruh jajaran Pemkot Medan.

"Kami jajaran Dinas Lingkungan Hidup terus rutin menggelar gowes setiap akhir pekan. Tentunya dengan gowes ini akan terbangun rasa kebersamaan di antara kita, yang akan berdampak pada kinerja kita sebagai pelayan masyarakat. Terima kasih kepada Bapak Pejabat Sementara Wali Kota Medan atas inisiasinya menggelar gowes bersama ini," kata dia.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020