Prajurit TNI dari tiga Matra di wilayah Kota Medan melaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan di Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (2/10), menyambut HUT ke-75 TNI. 

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, dilanjutkan penghormatan secara militer kepada para pahlawan di TMP Bukit Barisan serta peletakan karangan bunga.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke pusara para pahlawan, salah satu di antaranya pusara Letjen TNI (Purn) Alm H Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah mengatakan, ziarah ini dilakukan selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, juga untuk memanjatkan doa, dan sebagai tradisi yang harus dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Dikaitkan dengan penyambutan HUT ke-75 TNI tahun 2020 ini, Pangdam berharap dari pelaksanan ziarah ini akan terbentuk jiwa Prajurit Patriotisme yang menghargai jasa para oahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga bersama rakyat dan mewariskan sifat luhur, kesatria serta rela berkorban.

Hal ini sebagai modal wujud kekuatan, menambah percaya diri guna menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan gangguan, katanya

"Dengan pelaksanaan ziarah ini, kita memberi contoh teladan kepada generasi muda yang menjadi masa depan bangsa untuk tidak melupakan sejarah," ujarnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020