Jumlah pasien terpapar virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara yang dinyatakan sembuh bertambah delapan sehingga total yang sembuh menjadi 12 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Serdang Bedagai, Akmal di Seirampah, Kamis mengatakan kedelapan warga yang sudah pulih tersebut dua warga Kecamatan Perbaungan, lima warga Kecamatan Sei Rampah dan satu warga Kecamatan Dolok Merawan.

"Kedelapannya menjalani isolasi di beberapa rumah sakit dan mendapat tindakan medis intensif. Kemudian seluruhnya dinyatakan sembuh setelah dilakukan prosedur PCR test dua kali berturut dalam rentang 14 hari dan hasilnya negatif," katanya.

Baca juga: Sergai satukan persepsi sektor pariwisata jelang normal baru

Dengan bertambahnya delapan yang sembuh, maka sampai saat ini total sudah ada 12 orang warga Serdang Bedagai yang berhasil sembuh.

"Sekarang, tersisa empat yang masih menjalani proses penyembuhan di tiga rumah sakit berbeda. Kami berharap keempatnya dapat menyusul sembuh dalam waktu dekat," katanya.

Ia mentakan peningkatan angka kesembuhan ini menyiratkan dua pesan penting.

Baca juga: Sergai siap dukung pelayanan KB serentak sejuta akseptor

Pertama, masyarakat bisa memahami jika COVID-19 bisa disembuhkan lewat penanganan medis. Masyarakat jangan menganggap penyakit ini sebagai aib sehingga tidak mau melaporkan untuk mendapatkan pengobatan.

"Justru dengan menutup-nutupi kondisi, bisa sangat membahayakan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar bahkan menjadi ancaman dalam cakupan yang lebih luas,” sebutnya.

Pesan kedua, masyarakat jangan menganggap COVID-19 sebagai angin lalu. COVID-19 adalah situasi nyata yang mesti dihadapi secara serius.

"Mari, kita sama-sama jalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Protokol kesehatan pada dasarnya bukan hal yang sulit karena siapapun dapat melakukannya. Gunakan masker saat beraktivitas di luar, rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, menerapkan jaga jarak atau physical distancing dan menghindari kerumunan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020