Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan.

Rektor UMSU Dr Agussani di Medan, Selasa, mengatakan, raihan Akreditasi A itu tertuang dalam Surat LAM PTKes No 0128/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2020 untuk Program Studi Sarjana Kedokteran.

Selanjutnya Surat No. 0129/LAM-PTKes/Akr/ Pro/IV/2020 untuk Program Studi Profesi Dokter yang ditandatangani Ketua LAM-PTKes, Prof. dr Usman Chatib Warsa, SP, MK, PhD tertanggal 25 April 2020.

Baca juga: PP Muhammadiyah: Membantu dhuafa lawan COVID-19 "jihad fi sabilillah"

Baca juga: UMSU dan UPM luncurkan buku medis pandemik Dunia Islam

"Alhamdulillah, UMSU bersyukur Fakultas Kedokteran berhasil meraih peringkat akreditasi A dengan skor membanggakan 371 dari LAM-PTKes," katanya saat Pengajian Ramadhan Online yang diisi ceramah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr H Haedar Nashir.

Ia mengatakan Fakultas Kedokteran UMSU saat ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil meraih akreditasi A di Pulau Sumatera.

Prestasi tersebut dinilai tidak lepas atas bimbingan dan dukungan PP Muhammadiyah kepada UMSU sehingga bisa memberikan hasil terbaik

Lebih lanjut, raihan akreditasi A juga tidak terlepas dari soliditas dan kerja sama tim yang didukung oleh peningkatan sarana dan prasarana serta sumber daya berkualitas.

Baca juga: Tim UMSU Peduli COVID-19 salurkan bantuan APD ke rumah sakit

Baca juga: UMSU canangkan "Global Network at Home" sikapi COVID-19

"Kekompakan tim dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pengajaran harus terus dijaga," katanya.

Menurut dia peringkat akreditasi A untuk fakultas kedokteran ini harus dirawat dan dijaga dengan tekad bersama dan kerja keras, jangan pernah merasa puas dengan prestasi yang berhasil diraih.

Ia juga menyampaikan UMSU terus berupaya berperan berpartisipasi membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Melalui Tim UMSU Peduli COVID-19 yang didalamnya banyak terlibat dosen-dosen dari Fakultas Kedokteran aktif memberikan pendidikan, penyaluran bantuan dan melakukan riset.

"UMSU telah mengeluarkan dana bantuan subsidi sebesar Rp3,9 miliar untuk membantu kegiatan pembelajaran mahasiswa," katanya.

Sementara Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof, dr, Haedar Nashir, MSi dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada UMSU atas raihan akreditasi A Fakuktas Kedokteran.

Sudah seharusnya capaian prestasi itu disyukuri dengan memberikan kontribusi manfaat bagi masyarakat terutama melalui bidang pendidikan.

"Capaian akreditasi A itu sudah seharusnya disyukuri, terlebih-lebih prestasi itu tidak mudah diraih. Selamat saya sampaikan apalagi katanya FK UMSU satu-satunya swasta yang meraih akreditasi A di Pulau Sumatera," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020