PT Agincourt Resources (AR) pengelola Tambang Emas Martabe Batang Toru, memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) senilai Rp250 juta kepada UPT RSUD Sipirok, guna mendukung upaya perceparan penanganan COVID-19 di Tapanuli Selatan.

Manager community, Pramana Triwahyudi, selaku perwakilan PT.AR, di Sipirok, Senin (6/5), mengatakan, bantuan yang diserahkan merupakan dari program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT.AR di bidang kesehatan.

Baca juga: Penyemprotan disinfektan di Tapsel gencar dilakukan

Adapun jenis bantuan yang diserahkan dan diterima Direktur RSUD Sipirok drg Firdaus Batubara ini yakni 60 set APD, 60 box hand scoon strerile Uk7 (bubuk), 50 pasang hand scoon obgyn sterile (56 cm), 200 botol hand soap, 250 botol disinfektan spary, 10 unit tong sampah, 50 buah plastik infeksius, 50 buah plastik non infeksius, 100 buah septibox, 10 unit nebulizer dan 17 unit thermometer scanner yang bernilai total Rp250 juta.

Baca juga: Meski tidak ada terpapar COVID-19, Bupati Tapsel imbau masyarakatnya tetap waspada

Baca juga: Menjaga HUTM, PLN ULP Sipirok imbau masyarakat relakan pohon-pohonnya ditebang

Sementara, Manager Corporate Comnunication PT.AR, Katarina Siburian Hardono menyatakan, ditengah merebaknya COVID-19, manajemen PT.AR intens dan serius serta pro aktif berupaya dan berusaha untuk memutus rantai COVID-19 di wilayah kerjanya di Tapanuli Selatan.

"PT.AR juga sejak 16 Maret 2020 telah membagikan disinfektan beserta alat semprotnya kepada 32 perwakilan desa di Batabg Toru, dan Muara Batang Toru," katanya.

Seterusnya upaya lainnya, 50 karyawan PT.AR yang berdomisili Padangsidimpuan saat ini sedang dirumahkan, demikian 500 karyawan ekspolorasi, tambah periksa kesehatan karyawan. Pun demikian produksi tetap berjalan, Periksa kesehatan, sebutnya.

Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution mengapresiasi perhatian PT.AR yang telah memberikan bantuan APD dengan harapan produksi tambang emas Batang Toru semakin lancar.

Senada diucapkan Direktur RSUD Tapanuli Selatan drg Firdaus Batubara juga mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan dengan harapan cukup membantu tugas-tuhas tenaga medis dan para medis rumah sakit dalam melaksanakan tugas pencegahan COVID-19.

Sedang Kadis Kesehatan Tapanuli Selatan dr Sri Khairunisa dalam kesempatan penyerahan bantuan APD oleh PT.AR, menjelaskan bahwa pihak Pemkab Tapanuli Selatan cukup pro aktif dalam pencegahan COVID-19 hingga ke desa-desa.

"Berbagai upaya memutus rantai mulai para relawan, kesehatan, aparat desa, forkopimka, pemuda, tokoh masyarakat aktif melakukan sosialisasi maupun melakukan penyemprotan disinfektan," jelas Sri.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020