Selain memiliki pelanggan dari Kota Padangsidimpuan dan Sibolga, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 asal Kota Padangsidimpuan yang meninggal di Medan juga memiliki pelanggan dari Kabupaten Tapanuli Tengah.

Menyikapi hal itu, Bupati Tapanuli Tengah langsung gerak cepat membuka layanan pengaduan 24 jam bagi warga Tapteng yang pernah kontak dengan almarhumah dalam 2 minggu terakhir.

“Kita buka layanan laporan 24 jam bagi warga Tapteng yang pernah kontak dengan almarhumah. Bisa kontak langsung ke saya, ke Gugus Tugas Tapteng, ke call center Dinas Kesehatan, atau melalui akun media sosial kami,” ujar Bupati kepada ANTARA, Sabtu (4/4/2020) malam.

Baca juga: Mayoritas pelanggan PDP COVID-19 asal Padangsidimpuan warga Sibolga, Dinkes lakukan rapid test

Baca juga: Gugus Tugas Sibolga gerak cepat data warga yang pernah berbelanja ke Padangsidimpuan

Bupati menekankan bahwa COVID-19 bukanlah aib, melainkan wabah. Jadi tidak perlu takut atau malu jika ada yang mengalami gejala yang mengarah ke COVID-19 atau pernah kontak dengan pasien COVID-19.

“Justru makin cepat melaporkan hal itu, makin cepat teratasi. Saya atas nama Bupati Tapanuli Tengah, memohon kepada masyarakat saya, agar segera melapor jika ada kontak atau berbelanja ke toko almarhumah dalam kurun waktu dua minggu terakhir. Karena informasi yang kita terima, banyak juga warga Tapteng dan Sibolga yang belanja ke sana. Kalau warga Sibolga silakanlah melapor ke Pemkot Sibolga, kalau yang di Tapteng langsung ke kami di Tapteng,” katanya.

Baca juga: Satu PDP COVID-19 asal Padangsidimpuan meninggal di Medan

Baca juga: PDP COVID-19 meninggal, pedagang Pasar Sangkumpal Bonang resah

Bupati juga menegaskan, semakin lama warga mendiamkan gejala itu, maka semakin berpeluang virus itu berkembang dan menular kepada keluarga dan juga tetangga. Jika sudah demikian, maka akan mempersulit diri sendiri dan juga orang lain. Tetapi kalau cepat dilaporkan justru tindakan mulia.

“Sekali lagi saya memohon kepada saudara-saudaraku warga Tapteng yang pernah kontak dengan almarhumah untuk segera melapor, demi keselamatan kita bersama. Mari kita sayangi diri kita, keluarga kita dan Tapteng kita ini. Kami siap untuk menerima laporan saudara 24 jam,” pintanya lagi.

Ada pun call center COVID-19 Dinas Kesehatan Tapteng di nomor 085270407878.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020