Polbangtan Medan, Universitas Perguruan Tinggi vokasi lingkup Kementerian Pertanian membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

"Yang dibuka untuk Program studi Penyuluhan Pertanian berkelanjutan dan Penyuluhan Perkebunan Presisi, dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini yang menghubungi, Kamis (2/3).

Baca juga: Ditengah COVID-19, Mahasiswa Polbangtan Medan berhasil ajari petani melek jual beli online

Pendaftarannya dilakukan bertahap yaitu tahap pertama untuk Jalur tugas belajar dan undangan tanggal 16 Maret hingga 10 April 2020, dan tahap kedua Jalur umum dan kerjasama tanggal 1 April hingga 30 April 2020, (3) dan tahap ketiga jalur POSKM tanggal 1 juli hingga 3 Juli 2020.

"Pendaftarannya dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dan formulir dapat dilihat di website siapdudik.polbangtanmedan.ac.id," jelasnya.

Baca juga: Pramuka Polbangtan Medan bantu masyarakat semprot disinfektan

Ada tiga jenis ujian yang diterapkan terhadap calon mahasiswa baru nantinya yakni tes CAT, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Waktu ujian CAT dan wawancara untuk jalur umum dan kerjasama mulai 15 Juni hingga 18 Juni 2020, dan tes kesehatan mulai 14 Juli hingga  15 Juli 2020.

"Ujian tes kesehatan akan dilakukan di rumah sakit umum pemerintah yang ditunjuk. Selain tes kesehatan tentunya yang paling utama juga dilakukan tes narkoba," tegasnya.

Wakil Direktur III Polbangtan Medan, Dwi Febrimeli menambahkan, bahwa lulusan SMA/sederajat dapat mendaftar di Polbangtan Medan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai. Fisik wajib dipenuhi untuk calon peserta perempuan tinggi badan minimal 155 cm dan laki-laki minimal 160 cm," kata Dewi sembari untuk verifikasi tinggi badan akan dilakukan pada saat ujian tes kesehatan. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020