Koramil 01/Batang Toru Kodim 0212/TS dan Polsek Batang Toru, Polres Tapanuli Selatan menyebarkan  imbauan kepada masyarakat guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Imbauan berupa stiker ini kita tempelkan disetiap sudut lokasi seperti dinding rumah masyarakat maupun dinding kios atau ruko," kata Kapolsek Batang Toru AKP Abdi Abdullah yang menghubungi ANTARA, Sabtu (21/3).

Baca juga: Kebun Raya Sipirok Tapsel dapat hibah ratusan jenis tumbuhan dari LIPI

Dalam imbauan tersebut masyarakat diajak untuk  menghindari/menunda kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti pesta maupun kegiatan sosial lainnya, karena berpotensi tinggi penularan COVID-19.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Kantor Bupati Tapsel disemprot cairan disinfektan

Lalu, masyarakat diajak untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, seperti bersih-bersih rumah, lingkungan tempat tinggal, serta penyemprotan disefektan.

Tambah sering cucitangan pakai sabun dengan air mengalir dan sering menggunakan hand  sanitizer, bersalaman tanpa bersentuhan, tidak cipika cipiki.

Serta menjaga jarak dengan orang lain apalagi yang batu dan bersih, bila batuk dan bersin gunakan masker menghindari perhatian oranglain.

Selanjutnya warga juga diimbau untuk tidak melakukan perjalanan luar rumah bila tidak penting. Bila tiba dari lokasi pandemik COVID-19 segera melaporkan, agar dapat pemeriksaan pihak terkait.

Apabila mengalami gejala flu seperti batu, demam, pilek, dan sesak napas dalam jangka 2 minggu terakhir segera dapatkan dokter atau pelayanan kesehatan untuk penanganan sementara.

Selain aksi menempel stiker, imbauan yang dilaksakan Danramil 01/Batang Toru, Kapten Inf  Pahlawan Nasution, Kapolsek Batang Toru AKP Abdi Abdullah, Camat Batang Toru M.Yamin Batubara yang melibatkan jajarannya masing-masing ini juga dilakukan berkeliling kecamatan menggunakan alat pengeras suara dengan menggunakan kendaraan bermesin.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020