Dalam rangka peningkatan kompetensi, mahasiswa Polbangtan Medan melalukan magang Kakao di CV.Socolatte, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

"Mereka yang magang ini mahasiswa semester IV Prodi Penyuluhan Perkebunan Presisi jurusan Perkebunan," Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini yang menghubungi, Jumat (20/3).

Baca juga: HIngga Mei 2020, proses perkuliahan Polbangtan Medan terapkan e-Learning antisipasi COVID-19

Kegiatan magang ini sendiri berlangsung 30 hari yang dimulai 09 Maret - 7 April 2020, yang diikuti sembilan orang mahasiswa.

Selama magang mahasiswa belajar tentang budidaya tanaman kakao, pasca panen hingga pemasaran produk olahan di CV. Socolatte, disamping bersosialisasi dan memelajari kearifan lokal masyarakat sekitar.

Baca juga: Direktur Polbangtan Medan imbau civitas akademika waspada Covid-19

Dosen Pembimbing juga memantau perkembangan dan memonitoring mahasiwa yang magang secara online. "Sehingga tantangan dan solusi selama kegiatan magang berjalan optimal," kata Silvia Nora.

Meurut Silvia, mahasiswa magang selain di CV. Socalatte dibawah binaan Irwan Socalatte, juga menampilkan kegiatan di lokasi budidaya Kakao kebun Entres Kakao Lhok Gajah, Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya yang dibina Muhajir.

Pengakuan salah satu mahasiswa magang, Mukhlis,  mengungkapkan, oleh pembina CV.Socallate mahasiswa diberikan motivasi dan kunci untuk sukses sebagai agripreneur millenial.

"Selama magang, mahasiswa Polbangtan Medan benar-benar merasakan pentingnya investasi pendidikan di usia muda untuk  meraih kesuksesan di masa mendatang," pungkas Mukhlis.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020