Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, mengimbau civitas akademika untuk waspada terhadap virus corona atau Covid-19 dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Imbauan tersebut menindaklanjuti surat edaran Kepala BPPSDMP, Prof.Dedi Nursyamsi yang meminta seluruh jajarannya berusaha sekuat tenaga mencegah dan menghindari corona.

Baca juga: Menteri Pertanian minta seluruh SDM Pertanian jaga diri hindari penyebaran virus corona

Untuk sementara waktu Yuliana juga menyarankan seluruh pejabat dan mahasiswa Polbangtan Medan untuk menghindari keramaian mengingat virus corona sudah menjadi pandemi (meluas ke berbagai negara di dunia).

Baca juga: Koperasi APP Polbangtan Medan rapat tahun buku 2019

Bahkan Polbangtan Medan, tambahnya, mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengganti sistem pembelajaran tatap muka antara dosen dan mahasiswa dengan pembelajaran jarak jauh (perkuliahan secara online).

"Perkuliahan secara online tersebut efektif diterapkan selama 2 pekan. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya lockdown sementara di lingkungan kampus Polbangtan Medan," katanya.

Khusus kepada civitas akademika, Yuliana, menyarankan segera melapor dan berobat ke rumah sakit apabila menunjukkan gejala demam, batuk, pilek, sesak agar.

Beberapa tips pencegahan penyebaran corona yang disampaikannya sering-sering mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir. Gunakan masker, perhatian cara dan etika batuk, menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus corona.

"Selain itu menghindari mengkonsumsi ikan yang tidak lagi segar atau busuk," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020