Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara Wilser J Napitupulu memastikan hingga saat ini belum ada warga di daerah itu yang terinfeksi virus Corona atau  Covid 19

"Kalau kemarin ada informasi simpang siur terkait ada warga yang terinfeksi Covid 19, kita pastikan itu tidak benar dan belum ada yang terinfeksi Covid 19 hingga kini," katanya di Gunungsitoli, , Rabu.

Baca juga: Dinkes Gunungsitoli bagikan brosur terkait COVID-19

Dia tetap meminta warga Kota Gunungsitoli untuk tetap waspada dan tidak perlu resah, dan tidak mempercayai informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya.

Baca juga: Kodim 0213 Nias antisipasi masuknya virus corona ke Kepulauan Nias

"Saat ini kita tetap melakukan tindakan antisipasi dan kita berharap masyarakat bisa menjaga diri sendiri dan jangan terlalu takut dengan Covid 19," harapnya.

Ditanya mengenai rumah sakit rujukan untuk pasien terinfeksi Covid 19, menurut Kadis Kesehatan tersebut, hingga kini belum ada rumah sakit rujukan pasien Covid 19 di Kepulauan Nias.

"Hingga kini belum ada rumah sakit rujukan buat pasien terinfeksi Covid 19 di Kepulauan Nias, tetapi Rumah Sakit Umum Gunungsitoli sudah bersedia dan telah mempersiapkan diri secara darurat," ujarnya.

RSU Gunungsitoli menurut dia wajib mempersiapkan diri, karena pasien terinfeksi Covid 19 di Pulau Nias akan sulit untuk dirujuk ke Medan.

Bahkan dia memastikan apabila pasien terinfeksi Covid 19 membludak dan tidak bisa ditampung RSU Gunungsitoli, maka RS Bethesda wajib menangani dan menyiapkan ruang isolasi 

"Jika RS Gunungsitoli dan RS Bethesda tidak bisa menampung, kita akan menggunakan ruang isolasi yang ada di puskesmas -puskesmas," katanya.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020