Kodim 0213/Nias menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam upaya mengantisipasi masuk dan menyebarnya virus corona atau COVID-19 ke daerah itu.

Dandim 0213/Nias Letkol. Inf. Lubuan Simbolon di Nias, Selasa, mengatakan, rapat koordinasi tersebut digelar dalam upaya menyatukan persepsi dalam menangani ancaman virus corona di wilayah Kepulauan Nias.

Baca juga: Mayat seorang pelajar ditemukan terdampar di Pantai Nias Selatan

"Kita membahas cara mencegah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Nias terkait cara penanganan virus corona. Ada beberapa poin yang diputuskan," jelasnya.

Baca juga: Bina Marga Sumut buka Jalan baru Afulu - Nias Barat

Kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat adalah Kodim 0213/Nias dan Polres Nias siap mendukung penanganan dan pencegahan virus corona.

Segera membentuk satgas gugus tugas dengan kebijakan kepala daerah dan membentuk posko untuk mencegah masuknya virus corona ke Kepulauan Nias.

Menyiapkan alat pendeteksi tempat keluar masuk daerah seperti bandara dan pelabuhan untuk bisa langsung mendeteksi suhu tubuh.

Membuat surat edaran kepada instansi terkait untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan menyiapkan tenda tempat warga yang sudah terindikasi virus corona.

Dana pencegahan disarankan dapat diambil atau dialihkan dari dana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tiap Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Nias.

Mengharapkan kepada stakeholder untuk berperan aktif dan bersama sama mengecek sarana dan prasarana dengan melakukan tindakan preventif dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Tidak meresahkan masyarakat, tetapi memberikan pemahaman dan harus tanggap atau jangan sampai dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020