Tiga tokoh yakni Bupati Tapanuli Selatan, Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution hadir dalam pelantikan pengurus PWI Tabagsel periode 2020-2023, Sabtu (14/3) tadi malam.

Selain ketiga tokoh tersebut hadir memenuhi lokasi acara pelantikan di Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan ini diantaranya Ketua DPRD Padang Sidempuan Siswan Siswanto, pengurus  HIPMI, HMI, KNPI, AMPI, IPK, FKPPI, PP, KONI, dan Pejabat di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Pelantikan pengurus PWI Tabagsel oleh PWI Sumatera Utara ini sesuai SK nomor 46/SK/PWI-SU/XI/2019, ditandai penyerahan bendera pataka PWI oleh Ketua PWI Sumatera Utara Hermansjah kepada ketua terpilih aklamasi Sukri Falah Harahap.  

Baca juga: Sukri Falah secara aklamasi terpilih Ketua PWI Tabagsel

Baca juga: Terkait COVID-19, Ketua PWI Sumut minta Pers berikan informasi yang sejuk

Baca juga: PWI Tabagsel apresiasi Kapolres inisiasi syukuran HPN 2020

Hermansjah dalam sambutannya berharap pengurus PWI Tabagsel periode 2020-2023 bisa lebih baik, minimal mempertahankan kinerja kepemimpinan sebelumnya yang telah menghantarkan PWI Tabagsel terbaik Sumatera Utara.

Gus Irawan Pasaribu, dikesempatan ini selain mengucapkan selamat juga berharap agar Pers dibawah bendera PWI Tabagsel khususnya dapat memberikan kontribusi positif dalam kemajuan pembangunan khususnya di Tabagsel.

"Mudah-mudahan Pers maupun media di Tabagsel ini bisa berada dihati masyarakat, dan kemudian dalam penyampaian informasi cepat, akurat, dan bertanggungjawab. Serta media tidak sekedar  penyampai informasi akan tetapi mencari kebenaran informasi," tambah Gus (panggilan akrab Gus Irawan).

Sementara Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M.Pasaribu, selain tidak lupa mengucapkan selamat, juga berharap sinergitas antara Pemkab dan PWI yang terjalin baik selama ini bisa tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

Syahrul juga menyinggung bahwa keberadaan Pers (media) itu penting sebagai alat transformasi informasi berbagai pembangunan ke tengahtengah masyarakat, termasuk juga kebelumberhasilan, yang mengedepankan objektif bukan subjektif.
 
Ketua PWI Sumatera Utara Hermansjah (kiri lima), Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu (kiri enam) Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution (kanan tujuh), Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu (kanan enam), Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Siswan Siswanto (kanan lima) turut bersama berfoto Pengurus PWI Tabagsel Periode 2020-2023 (ANTARA/HO)


Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, dalam sambutannya sekaligus menutup acara Konferensi VII ini mengungkapkan, bicara tentang PWI bagi dia (Irsan) sudah tidak asing lagi, karena di era 90 an Irsan juga sudah masuk PWI (Persatuan Wartawan Indonesia).

"Bagi saya PWI masa lalu yang tidak terlupakan apalagi pernah bergelut di dunia jurnalistik, tentu secara pribadi perhatian dan mensupport penuh," katanya sembari berharap organisasi PWI Tabagsel semakin maju dan berkembang.

Irsan juga menyampaikan pengalamannya, bahwasanya kadang-kadang melihat media saat ini sudahsudah kehilangan kaidah-kaidah jurnalistik. Selain jauh harapan memenuhi unsur 5W 1 H, tambah lagi minimnya konsep akurat, berimbang, dan kejelasan informasi yang disajikan.

"Sekarang kita sulit membedakan mana sesungguhya produk jurnalistik dan mana yang tidak, termasuk sosial media tentunya yang ikut di konsumsi masyarakat hari ini. Terkadang masyarakatpun tidak mampu membedakan mana produk jurnalistik mana yang tidak," jelasnya.

Harapan Irsan, PWI salah satu oraganisasi besar, organisasi wartawan yang paling tua dan organisasi yang pernah satu-satunya di Indonesia pada zaman Orde Baru, tentu punya kewajiban moral memberikan edukasi di tengah-tengah masyarakat apalagi dengan tantangan revolusi industri 4.0.

"Saya pikir melalui konferensi ini mudah-mudahan semakin memperkuat jati diri, sehingga teman-teman wartawan yang berhimpun di PWI  maupun organisasi yang lain harus juga memperbanyak pelatihan,-pelatihan agar semakin profesional," tutup Irsan .

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020