Sekretaris Dinas Kesehatan Langkat Ansari, di Stabat, Sabtu mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat mempersiapkan posko pelaporan dan informasi Covid-19 di instansi tersebut guna pencegahan dan antisipasi berkembangnya virus tersebut.

Ansari menjelaskan sekarang ini pihaknya juga menginstruksikan ke seluruh jajaran puskesmas, pustu, untuk terus melakukan pemantauan terhadap warga masyarakat maupun juga warga yang baru pulang dari luar negeri.

Baca juga: UMSU bentuk tim peduli pandemi corona

Jika ditemukan gejala yang mengarah pada Covid 19, diminta agar terus melaporkannya ke Posko yang sudah ada, agar segera ditangani dengan baik, ungkapnya.

Baca juga: China dan AS saling tuduh soal asal COVID-19

Baca juga: WHO surati Jokowi rekomendasikan COVID-19 sebagai darurat nasional

Selain melakukan pemeriksaan dan pengawasan rutin kepada diduga suspek Corona, pihaknya juga telah membentuk tim khusus pencegahan Corona.

Ia juga menyampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin juga sudah memimpin rapat lintas instasi untuk mencegah masuknya virus ini  dan berbagai langkah instruksi dari Bupati juga sudah dikirimkan langsung ke pihak kecamatan, desa, kelurahan guna mengantisipasi virus ini.

Selain itu sebagai upaya pencegahan, Dinas Kesehatan Langkat juga telah mengusulkan alat medis sebagai perlengkapan pencegahan Corona kepada Kementerian Kesehatan RI sebagai menambah perlengkapan Posko Covid-19, diantaranya Baju Cover Ali (baju APD), masker N95, masker bedah, sepatu boot, sarung tangan non steril, sarung tangan steril, sarung tangan panjang (Obgyn), kacamata Goggle.

Serta menginformasikan, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi bersama pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk merajut sinergitas melakukan pencegahan Corona di khususnya Langkat, kata Ansari.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020