Polbangtan Medan lakukan gerakan Kepramukaan di Sibolangit dengan menggelar lomba kreativitas mahasiswa dalam berinovasi di bidang pertanian.

"Tujuannya untuk menggali potensi dan meningkatkan kekreatifitasan, inovasi, teknologi serta pembinaan karakter," kata Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, Sabtu (14/3).

Ada 22 tim atau 201 orang dari mahasiswa semester dua Polbangtan Medan yang mengikuti lomba dalam kegiatan perkemahan Jumat sampai Minggu (Perjusami) di Bumi Perkemahan Sibolangit ini.

Baca juga: 133 calon petani millenial Polbangtan Medan PKL di Tapanuli Selatan

Baca juga: Best Planter Indonesia latih 27 calon petani milenial Polbangtan Medan

Setiap tim diberi waktu 5 menit mempersentasikan hasil karyanya. Seperti, alat test kesuburan tanah, light trap, irrigator sederhana, STM only one, pestisida puntung rokok dan lainnya.

Hasil karya mahasiswa yang telah di nilai tim juri akan ditindak lanjuti untuk penelitian lebih lanjut. Pemenangnya, akan diberangkatkan ke Cibubur, Jawa Barat ke tingkat Nasional pada, April 2020 mendatang.

Sementara Ketua jurusan Penyuluhan Perkebunan Presisi, Dr. Iman Amran, selaku juri mengatakan sangat mengapresiasi karya karya dari mahasiswa.

"Saya berharap karya - karya mahasiswa ini dapat menjadi manfaat bagi dunia pertanian, saya sangat bangga pada karya karya yang dibuat mahasiswa," tambahnya.

Sisi lain dalam kegiatan juga dilakukan orientasi pembinaan ambalan, dan akan dipilih sebanyak 16 mahasiswa untuk menjadi pengurus ambalan.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020