Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu meresmikan fasilitas produksi jagung Pipil yang dibangun oleh PT.Agincourt Resources, Pengelola Tambang Emas Martabe, Rabu (26/2).

Fasilitas produksi jagung pipil diserahkan PT.AR untuk dikelola Koperasi Karya Mulia Bhakti, lokasinya di Desa Sumuran, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca juga: Sungai Batang Angkola Tapsel ambil korban

Menurut Senior Manager Community Relations PT.AR, Pramana Triwahyudi, bahwa fasilitas produksi jagung pipil ini merupakan pengolahan jagung untuk aktivitas pasca panen.

Baca juga: Keranjingan makan sabun cuci, bocah di Tapsel jatuh sakit

Fasilitasnya terdiri dari lantai penjemuran, gidang saprodi, gudang produk, mesin perontok jagung, mesin kipas, ruang mesin, bangunan kantor dan toilet.

"Kapasitas penjemurannya mencapai 2 ton sedang gudang produk mencapai 3 ton, dibangun melalui program "CSR" PT.AR dengan total biaya Rp200 juta," sebutnya.

Sedikitnya 60 petani menerima manfaat langsung, dan lebih dari 50 hektare lahan kebun jagung memanfaatkan fasilitas ini. Jagung yang diolah untuk dijual sebagai pakan ternak, sampai ke daerah Sibolga, Padangsidimpuan dan Medan.

Koperasi Karya Mulia Bhakti ini bertekad menjadikan daerahnya sebagai sentra jagung pipil di Batang Toru. Sekarang lebih kurang 30 Ha lahan yang ditanami jagung di setaip musim tanam.

""Mereka (pihak koperasi) juga memiliki 1 ha lahan budidaya penangkaran jagung untuk kemandirian benih lokal dan unggul. Artinya kelompok tani tidak lagi membutuhkan benih jagung luar untuk kebutuhannya," jelasnya.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menyambut baik program PT.AR membangun fasilitas produksi jagung pipil yang sudah sangat membantu pendapatan petani masarakat Tapanuli Selatan.

"Semoga adanya fasilitas ini usaha Koperasi Karya Mulia Bhakti semakin berkembang maju. Kepada PT.AR diucapkan terimakasih sebab program ini tidak lepas mendukung program Pemkab mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, dan sejahtera," kata Syahrul.

Sementara Diektur Operasional PT.AR, Darryn McClelland menyatakan bahwa program pembangunan fasilitas produksi jagung pipil ini merupakan tanggungjawab PT.AR untuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya dibidang pertanian jagung.

"PT.AR akan terus berkomitmen untuk memebrikan manfaat sosial positif jangka panjang dan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan lokal melalui berbagai program pembangunan yang sesuai kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020