Jajaran pengurus dan panitia pelaksana temu karya Karang Taruna Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersilaturahmi dengan Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution di rumah dinas, Selasa (21/01).

Silaturrahmi itu dalam rangka persiapan Temu Karya yang rencana dilaksanakan pada akhir bulan Februari yang akan datang.

Dalam silaturrahmi itu, Bupati turut juga didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Rahmat Hidayat, S.Pd, Kepala Bagian Humas dan Protokol, M. Wildan Nasution S. Sos fan Dedi Armansyah Batubara mewakili Kepala Dinas Sosial.

Baca juga: Tim gabungan kembali musnahkan lima hektar lahan ganja di Madina

Sedangkan dari Karang Taruna hadir pengurus kabupaten dan Ketua panitia, Muhammad Ridwan serta Sekretaris Khairil Amri Nasution.

Dalam arahannya, Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution mengatakan, Temu Karya Karang Taruna merupakan agenda penting dalam menyusun program kerja ke depan. 

Dahlan Hasan bercerita, banyak organisasi kepemudaan dan masyarakat yang dilahirkan oleh putra Mandailing. Itu diartikan bahwa pemuda Madina harus punya tanggung jawab menjalankan organisasi agar bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Madina bersiap jadi tuan rumah olahraga tingkat nasional

Pada kesempatan itu, Bupati berpesan agar temu karya Karang Taruna harus bisa berjalan dengan baik tanpa melahirkan polemik, apalagi melahirkan perpecahan. Mengingat belakangan ini sudah banyak terjadi dualisme kepengurusan organisasi.

"Berkompetisilah dengan sehat, jangan jadi polemik. Karang Taruna harus bisa jadi contoh yang baik bagi organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Kabupaten Madina. Apalagi Karang Taruna adalah organisasi yang langsung dibina dan diayomi Pemerintah, silahkan bersaing tapi harus sesuai aturan dan berjalan sebagaimana mestinya," kata Dahlan.

Bupati menambahkan, Karang Taruna harus berperan membangun lingkungan masyarakat, memediasi apa yang diperlukan masyarakat untuk diteruskan ke pemerintah. 

"Silahkan buat gerakan sosial dan keagamaan. Bangun kordinasi dan kerjasama dengan organisasi perangkat daerah. Apa yang bisa kalian lakukan silahkan dikerjakan.
Kondisi masyarakat di pedesaan harus kalian bantu dan fasilitasi ke pemerintah. Kalian harus jadi perpanjangan tangan pemerintah," ujarnya.

Di sisi lain, Dahlan juga menyebut pembangunan Bagas Godang beralamat di jalan lintas Sumatera Desa Purba Baru tidak lama lagi akan selesai. Bupati berharap supaya Bagas Godang nanti dijadikan sebagai pusat kesenian daerah. Tentunya Karang Taruna harus ikut berperan di dalamnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020