Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, bersama unsur TNI-Polri menggelar kegiatan apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana tahun 2020 di Mapolres Serdang Bedagai, di Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu, yang bertujuan untuk menyamakan misi dan persepsi tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi kerawanan bencana yang bisa saja terjadi.

Apel kesiapsiagaan bencana alam yang dipimpin langsung oleh Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang di Sei Rampah, menyatakan agar seluruh elemen yang terlibat dalam penanggulangan bencana alam dapat mengetahui harus apa dan berbuat apa saat terjadinya bencana.

"Apalagi saat ini Pemkab Serdang Bedagai telah membuat aplikasi yang dapat di akses oleh seluruh warga masyarakat yaitu berupa aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang adanya kejadian bencana sehingga seluruh masyarakat dapat mengetahuinya dan khususnya kepada kita sebagai element terdepan yang harus siap siaga dalam menghadapi dan menaggulangi bencana alam," kata dia.

Dengan pelaksanaan apel siaga bencana alam ini, mengharapkan agar semua elemen dapat mengerti tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga jika terjadinya bencana alam, kita tidak mendadak dan dapat langsung mengambil langkah dan tindakan terbaik dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi.

Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin menyatakan Kesiapsiagaan merupakan salah satu faktor penting bagi masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Jatuhnya korban dapat diminimalisir dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat, masyarakat perlu waspada ancaman apa yang akan terjadi di daerahnya dan perlu mempelajari apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana," tegasnya.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020