Tim evaluasi untuk desa binaan dari Provinsi Sumatera Utara turun ke Tapanuli Selatan, Kamis (9/1) dan disambut Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu.

Menurut Syaufia tim evaluasi Provinsi Sumut turun dalam rangka memberikan penilaian terhadap Desa Binaan Simaninggir di Kecamatan Marancar yang masuk nominasi lomba kategori PKK Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Baca juga: Jambore PKK di objek wisata Silima-lima Tapsel dihadiri perantau Marancar

"Kiranya Simaninggir mampu menjadi juara atau terbaik sekaligus menjadi duta desa binaan PKK-KKBPK mewakili seluruh desa yang ada di kabupaten di Sumatera Utara ini," harap Syaufia.

Adapun yang menjadi penilaian pada lomba PKK-KKBPK-Kesehatan seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih Sehat (LBS) lingkungan masyarakat desa binaan tersebut.

Rombongan tim penilai Provinsi Sumut dipimpin oleh Lucy Destriati (perwakilan BKKBN) beserta Reza Pahlevi , dan Ruhyat (Sekretaris dan Wakil Ketua PKK Provinsi Sumatera Utara).

"Selain harapan dapat juara, kita juga berharap dari kegiatan ini akan dapat memotivasi atau mendorong desa-desa lain yang ada di Tapanuli Selatan khususnya untuk mengikuti langkah desa binaan Simaninggir sesuai 10 program PKK," target Syaufia.
 
Sebab, menurut Syaufia, PKK - KKBPK Kesehatan kolaborasi 10 program PKK diantaranya kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat yang apabila dijalankan secara benar akan berdampak luas ke kesejahteraan keluarga.

"Oleh karenanya seluruh pemangku kepentingan diseluruh desa di Tapanuli Selatan diharap dapat menseriusi program PKK KKBPK demi terwujudnya masyarakat Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera," pinta Syaufia lebih jauh.  

Hadir dalam acara ini Kadis PP dan KB yang mewakili Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu sekaligus mengucapkan ucapan selamat datang kepada rombongan tim evaluasi yang turun ke Desa Simaninggir, camat, pejabat, aparatur desa, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020