Konsulat Amerika Serikat memberikan tawaran beasiswa kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat. 

"Amerika menjadi idaman banyak orang untuk belajar. Terlebih lagi karena Amerika juga menyediakan banyak beasiswa,” ungkap Konsulat Amerika untuk pulau Sumatera  Guy Margalith di Kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (19/12).
 
Ia juga mengapresiasi UMSU yang sangat terbuka dan responsif mengembangkan modernisme dan keberagaman. Dia senang bertemu  mahasiswa yang menyambutnya dengan ramah dan penuh kehangatan.

Baca juga: OIF UMSU dan BMKG Deliserdang tingkatkan kerja sama bidang ilmu dan ilmiah

Ia hadir di kampus UMSU sebagai narasumber dalam seminar yang digelar Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  

Seminar yang mengangkat  tema  “Studying In The U.S: Application And Scholarship Information And Tips For Writing Personal Statements” dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UMSU Dr  Rudianto MSi dan diikuti oleh puluhan dosen dan mahasiswa FKIP UMSU.

Rudianto dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kerjasama UMSU dengan Amerika sudah berlangsung cukup lama. Kedepan UMSU akan terus membangun sinergi dengan Amerika dan banyak negara lainnya untuk menjadikan UMSU Kampus Internasional .

"Saat ini, UMSU terus gencar melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan Perguruan Tinggi Asing. Kerjasama itu merupakan bagian dari Program Internasionalisasi UMSU menuju  Word-class University,” ujarnya

Baca juga: UMSU juara umum Monev Mutu LLDikti Sumut

Selain itu, kata Rudianto,  ini juga merupakan bentuk komitmen UMSU dalam mendukung program Internasionalisasi PTMA yang sekarang lagi digalakkan oleh  Majelis Diktilitbang Muhammadiyah.

”Kepada mahasiswa dari berbagai fakultas yang mengikuti seminar diharapkan memahami bagaimana caranya untuk mendapatkan kesempatan kuliah di Amerika dengan fasilitas beasiswa scholarship," katanya.

Sedangkan  Dekan  FKIP UMSU Dr Efrianto MPd menjelaskan, bahwa selama ini  kerjasama UMSU dengan Konsulat Amerika sudah berlangsung sangat  intensif.

“Berbagai tema kuliah umum sudah diselenggarakan. Bahkan melalui RELO (Regional English Lenguage Office)  Amerika Serikat  menempatkan dosen Bahasa Inggris untuk mengajar di UMSU,” jelasnya.



 

Pewarta: Septianda

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019