Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih predikat sebagai juara umum monitoring dan evaluasi (Monev) mutu perguruan tinggi swasta terbaik versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2019.

Kepala LLDikti Prof Dian Armanto, Phd di Medan, Minggu, mengungkapkan, pemberian penghargaan kepada perguruan tinggi swasta yang konsisten dan komitmen dalam penerapan sistem penjaminan mutu dimaksudkan sebagai motivasi.

"Diharapkan dengan pemberian penghargaan Monev Mutu LLDikti akan menjadi motivasi bagi perguruan tinggi swasta untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan pendidikan terbaik," tambahnya.

Baca juga: UMSU persiapkan seminar Melayu Antarbangsa di Guangdong China

Dia juga memberikan apresiasi kepada UMSU yang berhasil meraih juara umum Monev Mutu LLDikti Wilayah Sumut.

"Selamat kepada UMSU yang sudah menjadi juara di tujuh standard yang kita monev," ujarnya.

Menurut dia, prestasi yang diraih UMSU bisa jadi modal untuk menghadapi akreditasi sembilan standard. Kreteria penilaian perguruan tinggi ke depan akan semakin ketat sehingga perguruan tinggi dituntut benar-benar bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Dia berharap, UMSU tidak merasa cepat puas dengan prestasi demi prestasi yang diraih. Pemberian penghargaan sendiri bisa jadi motivasi untuk melanjutkan prestasi ke depannya.

"Selamat mudah-mudahan berkah, mudah-mudahan semua program studinya terakreditasi A. Mudah-mudahan bisa melanjutkan prestasinya," sebut dia.

Sementara Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan, prestasi sebagai juara umum Monev Mutu yang diraih perguruan tinggi yang dipimpinnya merupakan hasil pendampingan yang selama ini dilakukan pihak LLDikti Wilayah 1 Sumut.

"Prestasi yang diraih UMSU selama ini termasuk dalam juara umum Monev Mutu tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan LLDikti Wilayah I Sumut," ungkapnya.

Selain itu tentu tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh sivitas akademika yang bahu membahu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai kriteria standard Monev Mutu Tri Darma Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah I Sumut.

Prestasi yang diraih UMSU sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi UMSU dalam menghadapi akreditasi perguruan tinggi 3.0 dan akreditasi program studi 4.0 yang memiliki sembilan standard.

"Raihan prestasi UMSU sebagai juara umum Monev Mutu LLDikti Sumut dari 226 perguruan tinggi swasta yang ada menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan ke depannya," jelasnya.

Sebelumnya UMSU juga meraih prestasi sebagai perguruan tinggi terbaik di Sumut versi Kemenristekdikti (Kemendikbud sekarang) untuk PTS di Sumut.

Selain itu, PTS terbaik di Sumut bidang penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang kemahasiswaan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019