Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Univesitas Teknologi Mara  Cawang Kelantan, Malaysia dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk dalam bidang penelitian.

"UMSU dan UiTM Cawang Kelantan sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian mayarakat. Khusus untuk penelitian  akan dilakukan "join research," kata Rektor UMSU, Dr Agussani usai kunjungan ke Kampus UiTM Mara  Cawang Kelantan Malaysia, Minggu (23/11).

Kunjungan Rektor UMSU, Dr  Agussani, MAP ke kampus UiTM Cawang Kelantan didampingi Wakil Rektor 3, Dr Rudianto, S.Sos, MSi, Ketua Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional, dr Eka Airlangga, SPA, Dr Prawidya, Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan,  Dr Eka Nurmalasari, Sekertaris Prodi Magister Akuntansi,  Ketua Prodi Magister  Elektro, Dr Muhammad Fitra Zambak,  Kepala Biro Humas dan Protokoler, Dr Ribut Priadi, S.Sos, M.Ikom dan staf Humas, Syed Muhammad Nazib. 



Dalam kunjungan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara dua perguruan tinggi yang ditandatangani masing-masing oleh Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dengan Rektor UiTM, Profesor Madya Dr H Zulkifli Bin Muhammad.

Acara penandatangananan naskah kerjasama UMSU dan UiTM diawali dengan paparan   proposal penelitian oleh Dr Prawidya,  mengambil tema Village Fund Policy ( Program dana bantuan desa).

Gagasan penelitian tentang pemanfaatan dana desa  untuk mengangkat  derajat perekonomian warga desa jadi topik penelitian bersama antara UMSU dengan UiTM . 

Baca juga: Rektor UMSU terima penghargaan dari Dunia Melayu Dunia Islam

"Tujuannya untuk mengetahui  efektifitas program pemberian dana desa dalam mengangkat derajat masyakat , baik di Malaysia dan Indonesia" ungkap Dr Prawidya yang didaulat memberikan presentasi singkat tentang gagasan penelitian bersama.

Rektor UMSU sendiri merasa kerjasama dengan universitas di Malaysia lebih realistis untuk ditindaklanjuti dalam bentuk pengembangan program. 

Selain memiliki banyak kesamaan  budaya dan komunikasi, juga biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan program kerjasama relatif terjangkau.

Sementara Rektor UiTM Cawang Kelantan, Prof Madya Dr, H. Zulkifli Bin Muhammad menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturrahim UMSU ke kampusnya. "Saya berbahagia menerima delegasi UMSU ke bumi Kelantan Tanah Sekebun Bunga. 

"Kami di UiTMCK amat berbesar hati dengan kunjungan ini, kecil tapak tangan nyiru kami tadahkan," katanya.

Dia juga mengaku, merasa senang karena niat  berkolaborasi bersama UMSU dapat direaiisasikan.  

"Saya mengambil peluang ini untuk mengucapkan tahniah di atas kejayaan mengadakan Majlis Menandatangani Memorandum persefahaman (MOU) antara UiTMCK dan UMSU," katanya.

Lebih lanjut, kolaborasi antara kedua pihak universitas diharapkan  meningkatkan jumlah kesempatan para  dosen di dalam bidang pembelajaran dan pengajaran, penyelidikan, konsultansi dan penulisan. Disamping itu aktivitas bersama  mahasiswa termasuk  program kemasyarakatan.

"Saya mengharapkan kolaborasi yang mantap ini akan berlanjut dengan belbagai aktivitits yang bermanfaat," katanya.

Turut hadir dalam penandatanganan naskah MoU dari UiTM Cawang Kelantan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Madya Dr H Ghazali Othman, WR Bidang, Industri,  kerjasama dan alumni, Dr Syerina Azlin Muhammad, Nasir,  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Shah Suzan Zakaria dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Prof Madya, Dr Norhaiyati Abdul Muin.

Sebelumnya,  Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP telah menandatangani naskah kerjasama dengan pihak UniMap dalam lawatan di Malaysia. UniMap sendiri merupakan salah satu universitas terkemuka di Malaysia yang khusus mengelola pendidikan tinggi bidang teknik (enginering). Ada sejumlah perguruan tinggi  terkemuka dalam penandatanganan naskah kerjasama tersebut diantaranya dari India, China, Bangladesh.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019