Pasangan Bappeda Tapanuli Selatan berhasil tampil juara pertama fashion show busana tenun batik daerah kategori OPD (organisasi perangkat daerah) yang digelar dalam rangka HUT ke-69 Kabupaten Tapanuli Selatan.

Untuk juara dua Dinas Perikanan, dan juara tiga Dinas PU dan PR, untuk  juara harapan satu  BKD, juara harapan dua BPKPAD, dan juara harapan tiga Dinas Pendidikan.

Sedangkan kategori perseorangan umum, juara satu Tantri Nurbaya Simatupang, juara dua Desi Mariana, juara tiga Tro Sutrisno Simanjuntak, untuk juara harapan satu Ernifa Kalsum Nasution,  juara harapan dua Melva Anriska Nasution dan juara harapan tigaI Metia Dwirani.

Festival pagelaran busana berbahan tenun batik Tapanuli Selatan ini digelar di Lapangan Sarasi II Desa Aek Badak Jae Kecamatan sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan Parulian Nasution mewakili Bupati dalam sambutan diacara penyerahan hadiah mengatakan lomba fashion show ini cukup baik sebagai upaya promosi produk unggulan daerah.

Apalagi design kain tenun dan batik yang dipadu dengan sentuhan modern tanpa meninggalkan corak dan bentuk budaya aslinya  menjadikan sebuah karya fashion yang luar biasa dalam lomba ini.

"Keindahan kain tenun dan batik khas Tapanuli Selatan merupakan salah satu warisan nusantara karenanya mari kita lestarikan budaya asli Tapsel ini secara berkesinambungan," ajaknya.

Dengan digelarnya fashion show ini diharapkan kelak akan mampu mengangkat citra tenun dan batik khas Tapanuli Selatan ke tingkat Nasional maupun Internasional, harapnya.

Sementara Sekretaris Perdagangan dan Koperasi UKM Novita Sari Wahyuni mengatakan lomba fashion show ini diikuti 78 orang peserta dari OPD, dari tingkat kecamatan 29 peserta berpasangan putera/puteri, dan 20 peserta umum perorangan.

Masing-msing pemenang lomba diberikan berupa hadiah uang pembinaan plus tropy dari Pemkab Tapanuli Selatan melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Tapanuli Selatan.


 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019