Sebanyak 1300 orang lanjut usia (Lansia) mengikuti lomba enam dan fashion show di lapangan parade perkantoran Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok (20/11).

"Mengingat jumlahnya, mungkin di tingkat Sumatera sudah masuk guinnes of record," kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu saat sambutan.

Bupati mengapresiasi dilakukannya lomba seperti ini, karena selain agar fisik tetap segar bugar juga menjadi hiburan dan menjalin silaturrahim antar sesama.

"Setidaknya walau umur sudah lanjut tetapi dengan semangat berolahraga tinggi akan dapat memengaruhi daya ingat dan aktivitas sehari-hari," katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Tapanuli Selatan Nurhaida Lubis sebelumnya menyatakan bahwa kegiatan lomba senam lansia ini untuk memeriahkan HUT ke-69 Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Ini juga merupakan bentuk kepedulian Pemkab Tapanuli Selatan menuju lansia tangguh bercirikan sehat, mandiri, aktif dan produktif," katanya.

Juga menumbuhkembangkan spirit dan kreativitas para lansia serta meningkatkan partisipasi para lanjut usia dalam kancah pembangunan daerah (Tapanuli Selatan) yang menurut catatan Sipil dan Kependudukan mencapai jumlah 14.252 jiwa di 15 Kecamatan se Tapanuli Selatan.

Diakhir lomba senam lansia juara pertama Kecamatan Batang Angkola, juara kedua Batang Toru, dan juara ketiga Sipirok. Harapan satunya Kecamatan Sayurmatinggi, harapan dua Angkola Muaratais dan harapan tiga Kecamatan Marancar.

Untuk lomba fashion show lansia juara satu Rohaniah asal Kecamatan Muara Batangtoru, juara dua Darisah Angkola Sangkunur,  dan juara tiga Satriani Hutasuhut Batang Toru. Harapan satunya Titin Supartini Angkola Selatan, harapan dua Rafni Hutasuhut Sipirok, dan harapan tiga Mahyar asal Batang Angkola.

Kegiatan ini dihadiri Sekda Parulian Nasution, Ketua TP PKK Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu, pengurus DWP, GOW, BKMT, para Camat se Tapsel, manajemen PT.North Sumatera Hydro Energy Dede Wafiza Ashia, dan lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019