Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution gropiyokan tikus di Kecamatan Angkola Muara Tais dan Kecamatan Batang Angkola, dan Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (19/11).

"Perburuan (gropiyokan) tikus ini dalam rangka mengamankan tanaman padi petani di daerah itu," katanya kepada ANTARA. Disamping menyemarakkan HUT ke-69 Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan berharap dengan diadakannya gropiyokan tikus hasil petani sawah di tiga kecamatan tersebut semakin baik.

Untuk lokasi perburuan di Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon Kecamatan Angkola Muara Tais dan Desa Aek Nauli dan Desa Aek Gunung Kecamatan Batang Angkola.

"Kedua kecamatan ini masuk daerah sentra beras terluas di Tapanuli Selatan disamping Kecamatan Tano Tombangan Angkola," katanya.

Sementara Kadis Pertanian Daerah Tapanuli Selatan mengatakan luasan areal perburuan tiga kecamatan sekitar 1500 hektare melibatkan ratusan orang dari berbagai kelompok.

"Lebih 500 ekor tikus yang berhasil dibasmi dari gropiyokan dengan cara membersihkan lahan (pakai cangkul dan alat pemukul) serta menaruh racun tikus (rodentisida)," jelasnya.

Perburuan ini dalam rangka persiapan musim tanam padi 2019-2020 di daerah kecamatan tersebut. "Semoga produktivitas petani sawah daerah ini meningkat," harapnya.

Selain Sekda, Pejabat Pertanian, kabupaten dan kecamatan serta kelompok tani, turut terlibat dalam gropiyokan tikus ini pimpinan BPP, PHP dan PPL dari Kecamatan Batang Angkola, Angkola Muara Tais, dan Kecamatan Sayur Matinggi.

Sementara Camat Kecamatan Angkola Muara Tais AM.Fadhil Harahap dan Camat Kecamatan Batang Angkola Taufik R Lubis, dan Camat Kecamatan Sayur Matinggi Emmy Farida, ketiganya mengapresiasi langkah Dinas Pertanian melakukan gropiyokan tikus di daerah mereka.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapanuli Selatan dan seluruh yang terlibat dalam perburuan tikus ini dengan harapan hasil pertanian di daerah ini meningkat dan terjaga dari hama tikus," ucap Fadhil, Taufik, dan Emmy.
 
Hasil gropiyokan tikus di Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (19/11) (ANTARA/Kodir)

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019