Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menerima penghargaan terbaik Kemandirian Fiskal tahun 2018 dari Menteri Keuangan RI melalui Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Provinsi Sumatera Utara .

Penghargaan tersebut diserahkan melalui Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan diterima Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu di Gedung Bank Indonesia 2 Oktober 2019, di Medan.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, di Sipirok, Kamis (3/10) mengatakan, penghargaan yang sama juga diterima Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan.

Dijelaskannya, bahwa penghargaan kemandirian fiskal ini adalah sebagai perwujudan Otonomi Daerah yang diberikan kepada Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

"Tapanuli Selatan sendiri mampu merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai potensi yang dari waktu ke waktu yang terus meningkat," ungkapnya.

Peningkatan PAD Tapanuli Selatan menurut bupati dua periode ini bisa diwujudkan karena pembaharuan regulasi yang secara kontiniu dilakukan, tambah tidak bosan mengajak  agar wajib pajak (WP) dan retribusi menunaikan kewajibannya.

"Untuk memenuhi target kewajiban wajib pajak seperti pajak bumi dan bangunan (PBB), kita (Pemkab) melibatkan semua pemangku kepentingan termasuk tokoh adat dan pemuka agama, sehingga hasilnya optimal," katanya.

Upaya lain mendongkrak PAD katanya, dengan berhasilnya menarik Investasi (investor) masuk ke Tapanuli Selatan.

"Untuk kali pertama pada tahun 2018, realiasi PAD over target mencapai 100,28 % dimana dari yang ditargetkan sebesar Rp139.653.315.555 terealisasi Rp140.044.217.234. Semua pendapatan ini digunakan dalam rangka percepatan pembangunan daerah," katanya.

Oleh karenanya, dengan meningkatnya PAD ini maka Kemandirian Fiskal semakin meningkat yaitu perbandingan pendapatan dari pemerintah atasan dengan kemampuan daerah semakin baik.

"Dan, kedepan kita akan terus berupaya menggenjot agar bagaimana PAD dapat terus meningkat yang disesuaikan dengan potensi dan kewenangan yang dimiliki Pemkab," pungkasnya.

Syahrul dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Tapanuli Selatan dan seluruh pemangu kepentingan yang sudah mengambil peran untuk mensukseskan semua aspek pembangunan di daerah ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019