Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu mengatakan pemuda khususnya Karang Taruna harus memiliki jiwa mandiri, inovatif, kreatif serta komunikatif dalam berkarya.

"Karang Taruna juga harus menjadi motor penggerak pemberdayaan di tengah-tengah masyarakat dalam mendukung peningkatan program pembangunan di daerah," harapnya. 

Seperti berkarya dalam menciptakan solusi permasalahan sosial di tengah masyarakat utamanya menanggulangi degradasi moral agar generasi anak muda bangsa lepas dari pengaruh budaya luar yang semakin mengkhawatirkan.

"Karena, sebagai wadah tempat bernaungnya pemuda/pemudi, Karang Taruna sesuai Peraturan Mensos RI jelas telah mengamanatkan sebagai mitra strategis pemerintah untuk mewujudkan program pembangunan, khususnya di bidang kepemudaan," jelas Syaufia.

Dia menyampaikan itu saat sambutan berbicara di acara Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-59 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di sekretariat Karang Taruna Tapanuki Selatan, Jalan Tapian Nauli, Kota Padangsidimpuan.

Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Dedi Dermawan dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi Karang Taruna Tapanuli Selatan yang telah menggelar acara ini. 

"Terimakasih kepada seluruh pengurus. Terus terang di Sumatera Utara Karang Taruna Tapanuli Selatan mendapat tempat khusus di hati saya, mengingat Karang Taruna hingga desa aktif dan diberdayakan dan programnya ditampung dalam pemerintahan desa," ungkapnya.

Dedi mengatakan, aktifnya organisasi Karang Taruna daerah ini sesuai harapan MPKT agar mandiri, inovatif, kreatif dan komunikatif dalam berkarya tidak lepas motivasi dan atensi serta kepedulian Bupati setempat. "Karang Taruna pantas mengucapkan terimakasih kepada Bupati Syahrul M.Pasaribu dan Ketua MPKT," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan, Ahmad Bangun Ritonga mengucapkan selamat datang kepada Ketua Karang Taruna Provinsi Sumut dan rombongan seraya mengucapkan terimakasih kepada Ketua MPKT Syaufia yang hadir di acara tersebut. 

Bangun berjanji dan bertekad akan membawa gerbong Karang Taruna ini dalam rangka mengkaryakan pemuda/pemudi Tapanuli Selatan serta menjadi sumber inspiratif mendorong program pembangunan sesuai visi misi Pemkab mewujudkan masyarakat Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Acara HUT Karang Taruna yang dihadiri Camat, pengurus PKK Kecamatan, pengurus Karang Taruna desa/kelurahan ini ditandai pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua MPKT, Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019