Koramil 18/Pargaruta Kodim 0212/TS melaksanakan pembuatan jamban keluarga di Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (21/9).

Komandan Koramil 18/Pargarutan Kapten Inf Sudirman Pakpahan yang menghubungi ANTARA di Sipirok, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan karya bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam pengerjaan jamban semi permanen ini dengan melibatkan Babinsa Pelda Bahran, Serka Taufik, dan Kopda Heriadi di rencanakan di 11 titik rumah masyarakat yang ada di desa Huraba.

Melibatkan pihak Puskesmas Huraba, Sudirman menjelaskan, dibangunnya jamban untuk mewujudkan lingkungan sehat, bersih, dan nyaman. Apalagi banyak warga masyarakat desa tak memiliki jamban.

"Diharap dengan adanya jamban derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat," katanya sembari kegiatan ini memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Karateker Kepala Desa Huraba Basirun Siregar kata dia sangat mengapresiasi dengan mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah membangun jamban keluarga di 11 titik rumah warganya itu.

Menurut Sudirman dari 348 jumlah kepala keluarga Desa Huraba yang memiliki jamban sehat baru sekitar 18 rumah tangga. Warga BAB (Buang Air Besar) kerap di alam terbuka atau aliran sungai.

Dalam kegiatan ini Koramil 18/Pargarutan juga melibatkan dr Elisa Kepala Puskesmas Desa Huraba menyosialisasikan kemasyarakat tentang bagaimana cara menjaga agar lingkungan dan hidup sehat.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019