Sebanyak 327 jamaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 15 Embarkasi Medan, tiba di Kotapinang, Minggu (8/9) siang di halaman kantor bupati.

Jamaah diangkut menggunakan 11 unit bus itu tiba di Kecamatan Kotapinang, sekira pukul 11.00 WIB. Kedatangan para tamu Allah tersebut disambut Bupati Wildan Aswan Tanjung bersama Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap, Sekdakab Zulkifli, pimpinan dan anggota DPRD, perwakilan unsur Muspida, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Labuhanbatu Selatan M. Rosyadi, pimpinan OPD, serta para keluarga jamaah.

Kedatangan para jamaah disambut haru para keluarga. Setelah dilakukan seremonial serah terima jamaah oleh Bupati, haji-haji tersebut kemudian diboyong keluarganya ke rumah masing-masing.

Bupati pada kesempatan itu mengharapkan, agar seluruh haji asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan menjadi haji mabrur dan hajjah mabruroh. Dia pun mengigatkan para jamaah berubah sikap dan prilaku serta semakin taat ibadahnya.

“Jamaah haji yang pulang ke tanah air diharapkan membawa dampak positif bagi diri pribadi, keluarga, dan masyarakat. Haji harus mampu menjadi suri tauladan terhadap kemaslahatan umat untuk pembangunan di daerah ini. Seorang jamaah kita meninggal dunia di tanah suci. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah,” katanya.

Wildan mengatakan, seluruh doa yang dipanjatkan para jamaah selama di tanah suci, khususnya menyangkut kemajuan daerah, semoga diijabah oleh Allah. Doa tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Labuhanbatu Selatan, M. Rosyadi mengatakan, jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 328 orang. Menurutnya, seorang jamaah meninggal dunia di tanah suci, yakni atas nama Suparto bin Kariono, 68 warga Dusun Kampung Banten, Desa Pangarungan, Kecamatan Torgamba dan langsung dikebumikan di sana.

“Almarhum sudah melaksanakan syarat dan rukun ibadah. Jamaah tiba di KNIA pada pukul 22.10. Perjalanan pulang tidak ada halangan berarti. Kami berterima kasih, kepada Pemkab khususnya Bupati dan Wakil Bupati karena biaya kegiatan ini ditanggung APBD,” jelasnya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019