Pawai obor semarakkan Tahun Baru Islam (1 Muharram) 1441 Hijriyah/ 2019 Masehi dilaksanakan warga masyarakat Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (31/8) malam tadi.

Sambil membawa obor menyala ribuan warga masyarakat mulai yang muda hingga yang tua berjalan dengan jarak sekitar dua kilometer hingga berhenti berkumpul di lapangan bola Kantor Camat Arse.

Baca juga: Bupati Tapsel lepas keberangkatan jenazah mantan Plh Bupati Tapsel

Menurut laporan panitia pawai juga Ketua KUA Arse, Jindar Tamimi harahap kegiatan pawai seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun setiap mau memasuki 1 muharram. Peserta pawai mencapai 5 ribuan orang.

Anggota DPRD Tapanuli Selatan partai Gerindra Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, tamu kehormatan dalam sambutannya mengatakan cukup mengapresiasi kegiatan pawai yang dinilai cukup semarak ini. 

"Kegiatan ini kegiatan yang berkesan kedua buat saya. Pertama ketika saya diundang hadir pada pengajian akbar, kedua pawai obor. Salut atas antusiasnya warga," katanya.

Dolly mengajak seluruh masyarakat Tapanuli Selatan khususnya masyarakat Arse untuk dapat memaknai Tahun Baru Islam ini sebagai intropeksi diri agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. 

"Mari kita petik momen peringatan Tahun Baru Islam ini dalam rangka peningkatan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT sekaligus upaya untuk mewujudkan daerah Tapanuli Selatan yang "baldathun toyibatun warobunghofur"," katanya.

Sementara Camat Arse Sahruddin Perwira mewakili Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa rutinitas kegiatan ini merupakan bagian kearifan lokal yang sudah membudaya sejak lama. 

Dan, suksesnya acara ini lanjutnya, tidak lepas dari perhatian Ketua DPRD Tapanuli Selatan sementara Husin Sogot Simatupang juga putera daerah yang hadir pada malam itu.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019