Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapanuli Selatan menyatakan kesiapannya menjembatani permodalan demi pengembangan usaha kerajinan rotan Ali Binson Siregar, warga Kelurahan Pardomuan  Kecamatan Angkola Selatan.

"Kita (KNPI) akan melakukan pendekatan ke berbagai pihak termasuk instansi terkait agar usaha rotan ini dapat maju dan berkembang," kata Ketua KNPI Tapanuli Selatan Hajrul Aswat.

Hajrul menyampaikan harapan tersebut bersama Sekretaris/wakil Sekretaris KNPI Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dan Erwin Harahap kepada ANTARA, di Sipirok, Selasa (27/8).

Keterpanggilan untuk membantu usaha kerajinan rotan suami Suningsi ini mengingat tiga tahun berjalan kemajuan usahanya jalan di tempat atau pasarnya kurang signifikan.

"Padahal, kualitas produksinya kerajinan rotannya seperti kursi tamu, meja makan, ayunan anak-anak yang dibuat manual tidak kalah dengan kerajinan orang lain yang ditemukan," katanya.

Walau kualitas produk modal sendiri Ali Binson bagus, namun sebutnya, belum mendapat pasar yang menjanjikan di masyarakat akibat kurangnya promosi, akibatnya modal tertanam.   

"Oleh karenanya KNPI akan bergerak melakukan promosi sekaligus melakikan pendekatan pihak-pihak pemangku kepentingan agar usaha yang ditekuni sejak tiga tahun kebelakangan ini bisa maju termasuk upaya menambah permodalan," katanya.

Menurut Hajrul, di balik kegigihan Ali BInson berinovasi dan berkreasi pantas menjadi mendapat perhatian semua pihak berkompeten agar usaha ini berjalan baik. Minimal membantu pemasaran, biar tidak sebatas pasaran di desa.

"KNPI meyakini apabila kerajinan rotan karya Ali maju, otomatis akan berimbas kepada peningkatan ekonomi sejumlah masyarakat melalui tenaga kerja dan sektor lainnya," pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019